Timnas Indonesia

Peringkat Indonesia Terlalu Rendah, Federasi Sepak Bola Kenya Tolak Uji Coba dengan Skuad Garuda

TOPIK BERITA : โ€ข โ€ข โ€ข


NOBARTV NEWS – Federasi Sepak Bola Kenya (FKF) disebut menolak tawaran PSSI untuk mempertemukan dengan tim nasional negaranya. Padahal, Kenya mendapatkan tawaran yang cukup menggiurkan dari PSSI.

Sebagaimana diketahui, setelah dipastikan gagal mempertemukan Timnas Indonesia dengan Bolivia dan Tajikistan, PSSI bergerak cepat untuk mencari calon lawan Marc Klok dkk di FIFA Matchday bulan ini.

Disebut-sebut, PSSI ingin mempertemukan Timnas Indonesia dengan dua negara asal Afrika yakni Timnas Kenya dan Burundi. Secara peringkat FIFA, dua negara Afrika itu berada jauh lebih baik dari Timnas Indonesia. Melawan kedua tim tersebut akan membuat Timnas Indonesia mengalami kenaikan peringkat yang cukup besar andai skuad Garuda mampu mengalahkannya.

Dilansir dari laman transfermarkt, Timnas Kenya berada di peringkat 101 dunia. Sedangkan Timnas Burundi bertengger di posisi 141 FIFA. Menariknya, dua tim tersebut memiliki segudang pemain abroad. Hampir seluruh pemain Timnas Burundi merupakan pemain abroad – sedangkan Timnas Kenya, lebih dari setengah skuadnya meniti karir di luar negeri.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Oleh sebab itu, PSSI ingin sekali mendatangkan dua tim itu. Bahkan, PSSI siap memfasilitasi kedatangan hingga kepulangan (di Indonesia) termasuk match fee yang akan diberikan oleh Federasi Sepak Bola tertinggi di Indonesia itu. Keinginan PSSI ini juga didukung oleh Shin Tae-yong dan Indra Sjafri. Dukungan tersebut tak lepas dari keberhasilan skuad Garuda Indonesia ketika mendatangkan Timnas Curacao tahun lalu. Saat itu, dalam dua pertandingan yang digelar di Indonesia, Marc Klok dkk berhasil menumpas perlawanan tim asal Amerika Selatan itu.

Di pertemuan pertama, Garuda Indonesia menang dengan skor akhir 3-2. Dan di pertandingan keduanya, anak asuh Shin Tae-yong itu kembali mencetak kemenangan dengan skor tipis 2-1.

Nah, berbekal hasil positif itu, skuad Timnas Indonesia diharapkan mendapatkan lawan sekuat Curacao.

Akan tetapi, Federasi Sepak Bola Kenya (FKF) disebut menolak tawaran dari PSSI. Padahal, mereka akan mendapatkan segalanya dari PSSI. Usut punya usut, FKF menolak tawaran tersebut karena mengaggap peringkat Indonesia terlalu rendah. Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 151 dunia. Sebuah jarak yang sangat jomplang dibandingkan Timnas Kenya (101).

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Bahkan, daripada melawan Timnas Indonesia, Kenya lebih memilih untuk melawan Timnas Burundi. Setidaknya, Timnas Burundi memiliki peringkat yang lebih baik dari Indonesia.

Sebuah laporan menyebutkan alasan FKF menolak tawaran PSSI. Dulu, FKF pernah menerima tantangan untuk mempertemukan Timnas Kenya dengan tim asal Asia China Taipei. Namun sayangnya, Kenya yang disebut-sebut lebih kuat justru ditumbangkan. FKF pun tak ingin mengalami kejadian serupa. Oleh sebab itu mereka menolak tawaran (PSSI) tersebut.

“Pembuatan jadwal (laga uji coba) seperti itu tidak biasa bagi FKF) yang pernah menyetujui pertandingan dengan peringkat sangat rendah Tionghoa Taipei (Taiwan). (Laga uji coba melawan Taiwan) membuat para penggemar sepak bola Kenya kecewa,” tulis media Kenya Pulse Sports.

“FKF telah mengumumkan timnas Kenya akan melakoni dua melawan Burundi yang akan dimainkan di Nairoba pada 25 dan 28 Maret 2023,” tutup media tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

16 Comments