Timnas Indonesia

Suporter Malaysia Bersatu Dukung Indonesia Kalahkan Vietnam



NOBARTV NEWS – Laga semi-final leg pertama 2022 akan dilangsungkan pada esok sore. Laga tersebut akan dihelat di Indonesia dan akan mempertemukan tuan rumah dengan sang tamu Vietnam. Menariknya, suporter Timnas Malaysia bersatu untuk memberikan dukungannya kepada skuad Garuda.

Sebagaimana diketahui, Vietnam dan Indonesia berikut Malaysia dan Thailand akhirnya lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Keempat tim tersebut resmi menobatkan dirinya sebagai tim terbaik di grup yang ditempatinya.

Skuad Vietnam menjadi tim terbaik grup B setelah finis di peringkat pertama. Sementara itu, Harimau Malaya (julukan Timnas Malaysia) juga mengunci posisi runner-up di bawah Vietnam.

Adapun di grup A, Timnas Thailand dan Indonesia menjadi dua tim terbaik karena sama-sama berhasil mengumpulkan 10 poin dari tiga laga yang sudah dijalaninya. Hanya saja, skuad asuhan Mano Polking berhak berada di puncak klasemen grup A lantaran unggul agresivitas gol atas .

Nah, di Piala AFF, tim terbaik di satu grup akan berjumpa dengan runner-up di grup lainnya dalam babak semifinal. Begitu pun sebaliknya. Jadi juara grup A jumpa runner-up grup B dan juara grup B bertemu dengan runner-up grup A.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Format tersebut membawa Timnas Indonesia selaku runner-up grup A jumpa dengan tim kuat Vietnam.

Namun menariknya, suporter Timnas Malaysia yang notabenenya merupakan rival Indonesia justru mendukung perjuangan skuad Garuda ketika meladeni Vietnam. Mereka berharap anak asuh Shin Tae-yong menang atas sang tamu Vietnam.

Ternyata, dukungan tersebut memiliki alasan khusus. Di fase grup kemarin, Timnas Malaysia sempat bertandang ke markas Vietnam di My Đình Stadium. Saat itu, anak asuh Kim Pan-gon tak berdaya sama sekali. Mereka dipermalukan oleh skuad Vietnam tiga gol tanpa balas.

Hasil buruk itu membuat suporter Malaysia kesal. Sampai-sampai, mereka melupakan sejenak rivalitas duo Melayu antara Indonesia dan Malaysia. Biasanya, suporter Malaysia dikenal bermusuhan dengan suporter Indonesia. Namun kali ini, demi melihat Vietnam kalah, mereka rela mendukung Marc Klok dkk.

Dilansir dari media asal Vietnam The Thao 247, seorang netizen asal Malaysia bernama Mat Rider mengomentari pertandingan yang akan mempertemukan Indonesia vs Vietnam itu. Dalam sebuah forum penggemar sepak bola ASEAN, Mat Rider menulis,

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Semoga Indonesia menang melawan Vietnam. Penting untuk berhati-hati dengan permainan Vietnam. Lawan ini sangat kuat.”

Netizen lainnya atas nama Amat Sufian mewanti-wanti kepada skuad Garuda untuk lebih berhati-hati kepada pemain Vietnam nomor punggung 5.

“Hati-hati Indonesia karena harus bertarung dengan 12 pemain di lapangan. Tumbangkan pemain nomor 5,” katanya.

Pemain nomor punggung 5 yang dimaksud adalah Doan Van Hau. Ketika Vietnam jumpa Malaysia kemarin, sang pemain kerap bermain kasar. Bahkan, di SEA Games 2019 lalu, bek kiri Hanoi FC itu pernah membuat Evan Dimas cidera di babak final. Sejak saat itu, Doan Van Hau menjadi musuh bebuyutan suporter Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments