Piala AFC

Bantai Yangon United 4-0, PSM Makassar Jadi Wakil Indonesia di Piala AFC



NOBARTV NEWS – PSM Makassar sukses membantai Yangon United 4-0 di babak play off di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali kemarin. Hasil tersebut membuat PSM akan menjadi wakil Indonesia di fase grup Piala AFC 2023.

Sebagaimana diketahui, sebelum laga ini digelar, PSM Makassar dan Bali United sempat berjumpa dalam play off Asia atau kasta sepakbola tertinggi untuk klub-klub se-benua Asia. Laga antara dua tim sesama Liga 1 itu digelar dalam dua pertandingan atau leg.

Sayangnya, bagi PSM Makassar, di pertandingan yang dilangsungkan dalam dua leg itu, Juku Eja kalah dramatis lewat babak adu penalti. Alhasil, mereka harus mengubur mimpinya untuk bisa mentas di turnamen tertinggi se-benua Asia itu.

Setelah Bali United menang, mereka dihadapkan dengan lawan tangguh asal Hongkong Lee Man di ajang Kualifikasi Liga Champions Asia. Dengan demikian, kemenangan Bali United atas PSM Makassar kemarin bukan berarti mereka langsung berada di fase grup Liga Champions Asia. Namun masih ada pertandingan lainnya yang harus dilalui anak asuh Stefano Cugurra itu. Dan di laga melawan Lee Man beberapa waktu lalu, sang wakil asal Indonesia dikalahkan dengan skor telak 5-1. Akibatnya, mereka gagal mentas di Liga Champions Asia namun berhak melaju ke Piala AFC (turnamen kasta kedua di bawah Liga Champions Asia) tanpa mengikuti babak kualifikasi.

Adapun bagi PSM Makassar, akibat kekalahan atas Bali United di play off Liga Champions Asia itu, maka anak asuh Bernardo Tavares harus melalui babak kualifikasi untuk mentas di Piala AFC. Di sinilah letak perbedaannya. Bali United sudah pasti tergabung di fase grup (Piala AFC) sementara tidak dengan PSM Makassar.

Dan di play off Piala AFC kemarin, PSM Makassar dihadapkan dengan wakil asal Myanmar Yangon United. Laga melawan Yangon tersebut tersaji di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali Rabu (23/8) sore.

Di laga play off melawan wakil Myanmar itu, skuad Juku Eja tanpa ampun membantai sang lawan empat gol tanpa balas. Adilson Silva mencetak brace masing-masing pada menit ke-5 dan 61. Dua gol lainnya masing-masing dikemas oleh Everton Nascimento (35) dan Yakob Sayuri (50).

Berkat kemenangan ini, maka PSM Makassar menjadi wakil Indonesia di turnamen Piala AFC tersebut. Bahkan, tak hanya PSM saja, seperti yang disebutkan tadi, Bali United juga akan turut berpartisipasi.

“Saya kira kita menunjukkan permainan yang bagus, dan kami juga menciptakan banyak peluang dan berhasil mengkoversi peluang-peluang tersebut menjadi empat gol dan peluang kita lebih banyak dari pada tim lawan,” kata Bernardo Tavares pasca pertandingan tersebut.

“Kemenangan ini adalah kemenangan yang bagus untuk kita dan ini juga penting,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment