Timnas Indonesia

Muhammad Riyandi Jadi Satu-satunya Pemain Indonesia yang Tak Pernah Turun di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS telah melakoni empat pertandingan fase grup 2022. Dari empat pertandingan tersebut, hanya Muhammad Riyandi yang tak pernah diturunkan oleh sang pelatih.

Diketahui, skuad Garuda telah memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala AFF 2022. Kepastian itu didapatkan usai Marc Klok dkk finis di peringkat kedua klasemen akhir grup A.

Dari empat laga yang sudah dijalani pasukan Shin Tae-yong, mereka hanya meraih satu kali hasil imbang dan sisanya (3 pertandingan) selalu meraih kemenangan. Secara berturut-turut, Nadeo Argawinata dkk menang atas Kamboja 2-1 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Lalu melumat Brunei Darussalam 0-7 di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia.

Setelah itu, sempat bermain imbang 1-1 melawan Thailand dan terakhir menang meyakinkan atas Filipina 1-2.

Berkat tiga kemenangan dan satu kali seri itu, skuad Garuda berhak melaju ke babak selanjutnya (semi-final). Skuad asuhan Shin Tae-yong menemani juara grup A Thailand ke tahap tersebut.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Di babak semi-final nanti, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tim kuat Vietnam. Untuk diketahui, Vietnam merupakan juara grup B Piala AFF 2022 ini.

Laga melawan Vietnam pun akan menjadi laga ke-lima dan ke-enam skuad Garuda di Piala AFF ini. Karena sebagaimana biasanya, babak semifinal dan final akan dilangsungkan masing-masing dalam dua leg. Dan jika beruntung (lolos ke babak final), maka Timnas Indonesia akan kembali memainkan laga ke-tujuh dan ke-delapannya. Jadi, jika Timnas Indonesia lolos hingga babak final, maka skuad Garuda total akan memainkan 8 pertandingan. Sama seperti prestasi yang diraihnya pada edisi sebelumnya (Indonesia finalis Piala AFF 2020).

Namun sayang, dari empat pertandingan di fase grup kemarin, ada satu pemain yang belum pernah mencicipi pertandingan sama sekali. Adalah Muhammad Riyandi, kiper milik Persis Solo itu belum pernah mendapatkan kesempatan untuk turun bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Rekannya sesama kiper yakni Syahrul Trisna bahkan sudah mendapatkan jatah bermain. Saat itu, Syahrul masuk menggantikan Nadeo ketika sang pemain cidera dalam pertandingan melawan Filipina. Syahrul masuk pada menit ke-22 dan bermain hingga pertandingan usai.

Dan sepertinya, kesempatan bagi Riyandi untuk turun di laga berikutnya akan semakin sulit. Terlebih, ia hanyalah kiper ketiga di Timnas Indonesia saat ini. Terlebih, jika melihat lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia di babak semifinal, STY tentu akan jauh lebih mempercayakan sosok Nadeo Argawinata. Namun apabila Nadeo berhalangan, Shin Tae-yong dipastikan akan memilih Syahrul Trisna.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments