Timnas Indonesia

PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi



NOBARTV.CO.ID PSSI lobi Heerenveen lagi, PSSI berencana untuk melakukan lobi lagi kepada klub Belanda SC Heerenveen. Lobi tersebut terkait demi mendatangkan Nathan Tjoe-A-On lagi ke skuad .

Nathan Tjoe-A-On sudah kembali ke klubnya SC Heerenveen. Sebelumnya, pemain kelahiran 12 Desember 2001 ini turut serta membela skuad Garuda di tiga laga fase grup Piala Asia U23 2024. Ia masuk sebagai pemain pengganti ketika Indonesia bertemu Qatar – sedangkan di dua pertandingan lainnya melawan Australia dan Yordania, ia selalu bermain penuh. Pada laga kontra Australia, Nathan menjadi pemberi assist untuk gol tunggal Komang Teguh.

Penampilan pemain pinjaman dari Swansea City ini terbilang cukup baik di tiga pertandingan tersebut. Tapi sayangnya, seperti yang disebutkan di awal tadi, ia ‘terpaksa' harus kembali ke klubnya begitu pertandingan melawan Yordania usai.

Jadi, pada awalnya, Nathan tidak diberi izin untuk membela Timnas Indonesia di Piala Asia U23 2024. Hingga menjelang pertandingan pembuka melawan Qatar, secara tiba-tiba, PSSI mendapat lampu hijau dari SC Heerenveen. Klub yang berkompetisi di kasta tertinggi (Eredivisie) itu akhirnya rela melepas pemainnya ke tim nasional. Sayangnya, klub hanya bisa memberikan izin selama satu minggu saja atau hingga berakhirnya pertandingan di fase grup.

Baca Juga:  Menpora Usahakan Calvin Verdonk dan Jens Raven Debut di Laga kontra Irak

Kesempatan itu pun dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh Shin Tae-yong. Ia selalu memberikan kesempatan kepada Nathan untuk tampil di ketiga laga. Pengaruh sang pemain pun sangat baik dari tiga laga itu. Nathan menjadi penghubung antara lini belakang dan depan. Mobilitasnya juga sangat baik di ketiga laga tersebut. Tetapi kini, ia sudah kembali lagi ke Belanda untuk bergabung dengan klubnya.

PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi
Potret pemain Timnas Indonesia melakukan warming up sebelum pertandingan (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Memang kemarin kami lobby klubnya Nathan dan dari hasil lobby tersebut awalnya mereka (Heerenveen) berat betul melepas Nathan,” kata salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga.

“Pak ketua (PSSI, Erick Thohir) minta langsung ya minimal sampai lolos 8 besar karena target awal kita di sana dan pak ketum usaha betul dia supaya nathan ini bisa main sampai target yang sudah ditargetkan pak ketum ke Shin Tae-yong,” ucapnya menambahkan.

Baca Juga:  Thom Haye Bicara soal Irak dan Beratnya Sesi Latihan Timnas Indonesia

“Makanya Pak ketum upaya betul ke klubnya nathan untuk lobby bisa bermain. Awalnya mereka gak mau lepas karena bukan agenda FIFA,” tutur Arya lagi.

“Tapi akhirnya dikasih lepas ketika kami minta sampai 8 besar atau lolos grup lah. Dan sekarang sudah lolos grup dan memang itu lobby dan usaha yang kami lakukan ke klubnya Nathan seperti itu,” pungkasnya.

Dan kini, dikabarkan bahwa PSSI kembali melakukan lobi kepada Heerenveen. Mereka (PSSI) berusaha meminta izin lagi agar Heerenveen mau melepas Nathan untuk kedua kalinya ke Timnas Indonesia. Hal itu disampaikan oleh asisten STY yakni Nova Arianto. Mengingat Indonesia lolos ke babak 8 besar dan bertemu dengan Timnas Korea Selatan, maka jasa sang pemain jelas amat dibutuhkan oleh skuad Garuda.

“Saat ini, Nathan Tjoe-A-On harus kembali dulu sesuai kesepakatan dengan klub,” ujar Nova Arianto.

“Tetapi, PSSI sedang melakukan komunikasi kembali dengan klub Nathan untuk kemungkinan bisa bertanding pada 25 April 2024,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *