Timnas Indonesia

Deretan Pemain Tua di Piala AFF 2022, Salah Satunya Striker Bali United!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Di skuad , Ilija Spasojevic menjadi pemain tertua yang akan turun dalam 2022. Namun secara keseluruhan, ternyata masih ada beberapa pemain yang sudah ‘berumur' dan masih dipercaya untuk turun di even sepak bola terbesar di Asia Tenggara ini. Siapa saja mereka?

Diketahui, Spaso pada awalnya bukanlah penyerang favorit Shin Tae-yong. Di Piala AFF 2020 lalu, Spaso tidak diikutsertakan Shin karena faktor usia. Kata STY, pemain naturalisasi itu terlalu tua untuk tampil membela Timnas Indonesia. Sedangkan kita tahu sendiri bahwa Shin Tae-yong lebih suka menggunakan pemain muda.

Hal itupun berlanjut ke Piala AFF 2022. Dari daftar 28 nama yang diminta untuk mengikuti TC jelang Piala AFF 2022 ini, STY memasukkan 4 nama striker muda. Mereka adalah Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, Muhammad Rafli, dan Dimas Drajad.

Namun sayang, setelah beberapa hari pemusatan latihan dimulai, nama terakhir yakni Dimas Drajad tak tampak dalam sesi latihan tersebut. Ternyata, sang pemain sedang mengalami cidera sehingga ia pun dicoret dan Spasojevic diminta untuk menggantikannya.

Pemain yang berkarir di Bali United itu pun membuktikan kualitasnya. Meski sudah berusia uzur, namun dari hasil tes fisik, ia selalu menempati posisi teratas dalam daftar pemain dengan fisik paling prima. Hal itu diiyakan juga oleh Shin Tae-yong.

Berikut daftar pemain tua di Piala AFF 2022!

1. Ilija Spasojevic (Timnas Indonesia)

Saat ini, Spaso telah berusia 35 tahun. Umur tersebut menjadikan ia sebagai pemain tertua di Timnas Indonesia. Sebagai sosok striker tua, agak aneh memang ketika Shin memasukkannya dalam daftar 23 skuad final untuk Piala AFF 2022.

Namun dengan hasil pemusatan latihan yang sudah dijalaninya selama dua mingguan ini, bukan hal yang aneh jika STY mengandalkan sosok pemain Bali United ini.

2. Hassan Sunny (Timnas Singapura)

Kiper senior Singapura Hasan Sunny ternyata jauh lebih tua dari Spasojevic. Kiper kawakan yang di musim ini akan meninggalkan Lion City Sailors itu sudah berusia 38 tahun.

Meski tak muda lagi, Singapura masih mengandalkan sosoknya untuk berada di bawah mistar gawang. Untuk diketahui, di Piala AFF 2020 lalu, Sunny juga menjadi andalan untuk Timnas Singapura. Di edisi tersebut, ia tampil sebanyak 6 kali dan dibobol sebanyak 8 gol. Menariknya, 5 di antara 8 gol yang bersarang ke gawangnya berasal dari Timnas Indonesia. Saat itu, skuad Garuda dan Singapura bertemu di babak semifinal. Indonesia dan Singapura main imbang 1-1 di leg pertama sedangkan di leg kedua anak asuh Shin Tae-yong mengamuk dan menang telak dengan skor akhir 4-2.

3. Stephan Schrock (Timnas Filipina)

Gelandang serang sekaligus kapten Timnas Filipina ini satu tahun lebih tua dari Spasojevic. Saat ini, Schrock telah berusia 36 tahun. Pengalamannya di lini tengah Timnas Filipina wajib diperhitungkan oleh lawan-lawannya.

Di Piala AFF 2022 ini, Filipina menjadi salah satu lawan tanding Timnas Indonesia di fase grup. Laga antara kedua tim ini akan tersaji di matchday terakhir grup A.

4. Sumanya Purisay (Timnas Thailand)

Selain membawa Teerasil Dangda yang notabenenya pemain senior Thailand, Mano Polking ternyata membawa pemain yang jauh lebih senior. Adalah Sumanya Purisay, gelandang serang Chonburi FC ini berusia 36 tahun.

5. Abdul Azizi Ali Rahman (Timnas Brunei Darussalam)

Azizi Ali Rahman merupakan striker gaek yang dibawa oleh pelatih Brunei di Piala AFF 2022. Dibawanya sang striker cukup masuk akal. Mengingat Brunei tak pernah tampil sejak terakhir kali berlaga di edisi 1996 lalu, Piala AFF 2022 merupakan turnamen satu-satunya yang pernah ia ikuti sejak membela Timnas Brunei Darussalam.

Adapun umur Azizi Ali Rahman sama dengan Spasojevic yakni 35 tahun.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

91 Comments