Timnas Indonesia

Soal Pemanggilan ke SEA Games 2023, Klub Elkan dan Ronaldo Masih Bungkam



NOBARTV NEWS – Indra Sjafri memanggil seluruh pemain abroad yang masih memenuhi umur untuk bergabung dengan skuad di SEA Games kali ini. Namun sayangnya, klub Elkan Cheltenham Town dan klub Ronaldo Bodrumspor masih bungkam dengan pemanggilan tersebut.

Seperti yang diketahui, TC Timnas Indonesia U-22 sudah dimulai sejak awal April ini. TC tersebut merupakan persiapan akhir skuad Garuda sebelum mentas di ajang SEA Games 2023.

Sebelumnya, pada awal Maret kemarin, Indra telah melakukan pemusatan latihan sebanyak dua kali dengan dua gelombang. Dalam gelombang pertama Indra menyeleksi 34 pemain selama satu mingguan. Setelah selesai, Indra mencoret 17 pemain lantas melanjutkan lagi pemusatan latihan gelombang kedua dengan memanggil 17 pemain baru. Sehingga, total ada 34 yang kembali bergabung di TC tersebut.

TC sempat dihentikan di awal Ramadan – namun kembali dilanjutkan pada awal bulan (April) ini.

Menariknya, di TC kali ini, Indra memboyong 36 pemain sekaligus. 36 pemain tersebut terdiri dari pemain yang lolos seleksi gelombang kedua kemarin, serta pemain-pemain yang tampil reguler di Liga 1. Bahkan Indra kembali memanggil 7 pemain Timnas U-20.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Jika ditotalkan, maka ada 43 pemain yang diminta untuk mengikuti TC pada bulan ini. Dan dua di antaranya merupakan pemain abroad. Pemain yang dimaksud adalah Marselino Ferdinan (KMSK Deinze) dan Ronaldo Kwateh (Bodrumspor).

Saat ini, kedua pemain muda tersebut sedang berada di klubnya masing-masing. Ronaldo di Turki serta Marselino di Belgia. Selain keduanya, ada pula dua pemain abroad yang mendapatkan panggilan. Keduanya adalah Elkan Baggott dan Pratama Arhan. Meski tidak diminta untuk mengikuti TC, namun keduanya diharapkan bergabung langsung di even SEA Games nanti. Sehingga total ada 4 pemain abroad yang dipanggil oleh sang pelatih.

Sejak kini, keempat pemain tersebut sudah dikirimkan surat permohonan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Permohonan tersebut dikirimkan langsung ke klub pemain yang bersangkutan. Namun, sejauh ini klub Elkan Baggott yaitu Cheltenham Town dan Ronaldo Kwateh (Bodrumspor) belum memberikan jawaban alias bungkam.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Ronaldo belum ada jawaban. Elkan belum ada, karena dia baru selesai pertandingan 7 Mei kalau tak salah,” kata Indra Sjafri di sesi latihan Timnas Indonesia kemarin.

Indra menegaskan bahwa pemanggilan ini tidak bersifat memaksa. Sehingga tidak mengapa jika klub menolak untuk melepas pemainnya.

“Kami prinsipnya kalau memang dia bermain di klub dan klubnya keberatan untuk melepas, ya, tidak ada masalah,” ujarnya menambahkan.

Akan tetapi, jika klub tidak melepas – sementara pemain yang bersangkutan tidak mendapatkan jam terbang bersama klub yang dibelanya itu, maka menurut Indra, even SEA Games ini bagus untuk mereka ikuti.

“Kalau klubnya tidak melepas dan tidak dapat bermain di klub, saya pikir event SEA Games bagus untuk mereka,” pungkas pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment