Timnas Indonesia

Erick Thohir Respon Sindiran Bek Vietnam soal Banyaknya Pemain Keturunan di Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID Erick Thohir respon sindiran pemain Vietnam, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan respons soal sindiran dari salah satu pemain Vietnam kepada . Sindiran tersebut diucapkan setelah PSSI mendatangkan begitu banyak pemain keturunan ke skuad Garuda.

PSSI beberapa waktu lalu sukses melakukan proses naturalisasi kepada pemain Swansea City Nathan Tjoe-A-On. Pemain yang saat ini dipinjamkan ke klub Eredivisie SC Heerenveen itu melangsungkan sumpah WNI di malam hari. Proses sumpah yang dilakukan pada malam hari ini menunjukkan kalau PSSI serius dan gerak cepat jelang tampil di 2026.

Ya, sebagaimana diketahui, pada Maret ini, Timnas Indonesia dijadwalkan akan tampil sebanyak dua kali dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dalam dua pertandingan tersebut, Marc Anthony Klok dkk dijadwalkan akan melawan Timnas Vietnam. Laga melawan Vietnam digelar di dua tempat. Pertama di Indonesia yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dan kedua di My Dinh Internasional Stadium alias markas Vietnam.

Jelang pertemuan tersebut, PSSI – seperti yang disebutkan di awal tadi begitu gencar melakukan proses naturalisasi. Pada Januari lalu, satu pemain keturunan atas nama Jay Idzes resmi merampungkan proses naturalisasi. Dan baru-baru ini, Nathan Tjoe-A-On juga telah melakukan hal yang sama. Skuad Garuda berpotensi mendapat pemain keturunan lainnya lagi karena di waktu dekat ini, dua pemain keturunan Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye akan segera melakukan sumpah WNI.

Awalnya, Haye dan Ragnar dijadwalkan akan melakukan sumpah bersamaan dengan Nathan Tjoe-A-On. Bahkan, keduanya ikut ke Indonesia ketika Nathan melakukan sumpah WNI. Sayangnya, kedua pemain yang merumput di SC Heerenveen dan Fortuna Sittard itu gagal melakukan sumpah karena ternyata dokumen keduanya masih stuck di meja DPR RI.

Namun kini, dikabarkan kalau surat tersebut sudah ditandatangani. Bahkan, kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, keduanya kemungkinan akan disumpah pada Minggu depan.

Erick Thohir Respon Sindiran Bek Vietnam soal Banyaknya Pemain Keturunan di Timnas Indonesia
Bek Vietnam berusaha untuk menjegal langkah Dendy Sulistyawan (sumber: IG @timnas.indonesia)

Banyaknya pemain keturunan yang akan memperkuat skuad Garuda ini membuat bek Timnas Vietnam Do Duy Manh beberapa waktu lalu melempar sebuah sindiran. Ia menyindir dengan sedikit mempertanyakan apakah tim-nya sedang melawan Timnas Indonesia atau Belanda. Belanda – menjadi rujukan sang pemain karena mayoritas pemain naturalisasi di skuad Timnas Indonesia saat ini memang berasal dari negara Eropa tersebut.

Setelah sindiran sang pemain menjadi konsumsi media tanah air, sang Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun buka suara.

“Tidak, mungkin mereka bingung kenapa Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan saya makin bagus,” ujar Erick Thohir Kamis kemarin.

“Sama ketika kita melihat Vietnam, mungkin lima sampai enam tahun yang lalu, kita juga bingung. Kok mereka bagus. Tidak apa-apa, sama-sama bingung. Yang penting kan hasil. Begitu,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Itu lumrah lah (soal sindiran). Tidak apa-apa. Orang kita juga pernah bingung sama mereka yang bagus banget. Masa kita tidak boleh juga dilihat mereka bingung ‘kok Timnas Indonesia bagus banget' begitu kan. Gantian,” pungkasnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *