Intermezzo

Batal Terselenggara, Erick Thohir Bubarkan LOC Piala Dunia U-20 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir resmi membubarkan panitia pelaksana lokal 2023.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia U-20 2023 batal dilaksanakan di Indonesia. Dengan demikian, seluruh persiapan yang sudah dilakukan oleh pemerintah RI dan PSSI sudah tidak memiliki arti lagi.

Shin Tae-yong sendiri sudah membubarkan pemainnya. TC yang sudah dilakukan sejak 20 Maret dan direncanakan akan dilanjutkan dengan TC di Korea Selatan dibatalkan. Namun beruntungnya, renovasi stadion yang sejatinya dijadikan sebagai venue Piala Dunia U-20 tetap dilanjutkan. Stadion-stadion tersebut adalah Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Namun untuk panitia pelaksana lokal atau LOC, Erick Thohir resmi membubarkan mereka. Erick mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan usaha yang sudah dilakukan para panitia hingga titik akhir – meksipun pada kenyataannya Indonesia gagal terpilih sebagai tuan rumah untuk even (Piala Dunia U-20 2023) tersebut.

“Hari ini, tim LOC untuk FIFA World Cup U-20 resmi dibubarkan. Terima kasih untuk kerja sama seluruh tim yang solid hingga penghujung perjuangan,” tulis Erick melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir pada Senin 3 April kemarin.

“Tetap semangat untuk membangun persepakbolaan,” kata Erick menyemangati.

Dibatalkannya Piala Dunia U-20 sendiri diumumkan FIFA lewat laman resminya pada Rabu malam kemarin. Pengumuman itu disampaikan FIFA setelah dilakukannya pertemuan antara para petinggi Federasi Sepak Bola Dunia itu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Doha Qatar.

Pertemuan tersebut dilakukan Erick atas perintah Presiden RI Joko Widodo. Jokowi mengutus Erick untuk melakukan negosiasi agar FIFA tak mencabut keikutsertaan Indonesia sebagai tuan rumah untuk even sepak bola terbesar kedua di dunia itu. Sayang, negosiasi Erick dan FIFA tak berjalan mulus. FIFA tetap mencoret keikutsertaan Indonesia sehingga dengan ini, skuad Garuda muda batal tampil di ajang tersebut.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden PSSI, Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis FIFA di laman resminya.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” tambah FIFA dalam rilis resminya tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments