Timnas Indonesia

Indonesia Hadapi Burundi, Netizen Malaysia Merasa Iri



NOBARTV NEWS – Suporter Timnas Malaysia dibuat iri dengan laga FIFA Matchday melawan tim asal Afrika Burundi. Kenapa?

Sebagaimana diketahui, pada FIFA Matchday Maret ini, Timnas Indonesia dipastikan akan menentang skuad Burundi. Laga tersebut akan dilangsungkan di Indonesia dan akan dimainkan dalam dua pertandingan.

Cara yang sama (main dua kali) pernah dilakukan oleh PSSI ketika FIFA Matchday tahun lalu. Dalam satu kalender FIFA Matchday awal 2022, Timnas Indonesia bertemu dengan Timnas Timor-Leste sebanyak dua kali. Di akhir kalender FIFA Matchday tahun 2022, Timnas Indonesia berhadapan dengan tim asal Amerika Selatan Curacao. Laga tersebut juga dilangsungkan sebanyak dua kali.

Keempat laga tersebut (Vs Timor Leste dua kali dan Vs Curacao dia kali) dilangsungkan di Indonesia dan seluruh laga berakhir manis untuk Timnas Indonesia. Skuad asuhan Shin Tae-yong memborong empat kemenangan.

Adapun kepastian laga melawan Burundi telah dikonfirmasi oleh PSSI lewat laman resminya. Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI menyebut pihaknya (PSSI) sudah mencapai kata sepakat dengan Federasi Sepak Burundi. Sang lawan akan bertandang ke Indonesia dan akan memainkan dua laga masing-masing pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023. Terkait venue yang akan digunakan, PSSI belum memutuskannya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Setelah ditunggu hingga malam ini akhirnya PSSI memutuskan timnas Indonesia akan melawan Burundi dan mereka sudah siap datang ke Indonesia,” kata Erick Thohir Jumat 10 Maret kemarin.

“Kami sepakati untuk agenda uji coba Timnas Indonesia pada Juni dan November. PSSI memulai negosiasi dengan kandidat negara calon lawan,” ujarnya menambahkan.

“Ke depan, semua sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. PSSI mendorong agar penyusunan jadwal uji coba di FIFA Match Day sudah rapi hingga tahun depan,” pungkasnya.

Dan ternyata, berita terkait lawan Timnas Indonesia ini juga menjadi konsumsi akun penggemar sepak bola di luar negeri seperti Malaysia. Dalam sebuah akun instagram ber-username @atukbola, mereka memberikan informasi terkait calon lawan Timnas Indonesia itu. Sontak, follower @atokbola yang tentunya berasal dari masyarakat Malaysia memberikan komentarnya. Dalam kolom komentar tersebut, tak sedikit netizen Malaysia yang merasa iri dengan Indonesia.

Pasalnya, PSSI disebut sukses mendatangkan tim yang seimbang meskipun peringkatnya tak terpaut jauh. Sedangkan Malaysia, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mendatangkan dua tim di FIFA Matchday Maret ini. Kedua tim tersebut adalah Timnas Turkmenistan dan Timnas Hongkong.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Netizen Malaysia kesal karena lawan Harimau Malaya itu sudah pernah dihadapi sebelumnya. Bahkan, di tahun lalu, Malaysia berada satu grup dengan Turkmenistan. Di tahun lalu juga, Malaysia sudah pernah bertemu Timnas Hongkong dalam ajang FIFA Matchday.

Oleh sebab itu, ketika @atukbola memberikan informasi terkait lawan Timnas Indonesia tersebut, netizen Malaysia ramai-ramai memuji sekaligus merasa iri.

“Friendly Match itu begini, lawan tim yang belum pernah jumpa. Bukan lawan ulang negara yang pernah dikalahkan pada lapangan yang berlumpur,” tulis @37bola.media.

“Burundi itu negara Afrika, pemainnya ada yang main di Ligue 1 Prancis, FC Nice, dan banyak di , bukan macam Hong Kong. Kita cuma jumpa Hong Kong dan Turkmenistan,” kata netizen lainnya.

“Burundi ada seorang defender bagus yang main di Ligue 1 bersama tim Nice, namanya Youssouf Ndayishimiye, bukan main punya kualitas dia ini,” cuit @eric_daniel13.

“Malaysia tidak mau mencoba kah dengan Burundi ini,” balas akun dengan username @coffeesi81.

“Rankingnya diutamakan oleh Malaysia. Ulang tim gak apa-apa, yang penting rankingnya lebih tinggi dari Malaysia,” balas @amriy_17.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments