Timnas Indonesia

4 Pemain yang Terancam Tak Dibawa ke Piala Asia 2023 Qatar, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Setidaknya ada empat pemain yang terancam posisinya tak dibawa Shin Tae-yong ke ajang Piala Asia 2023 tahun depan. Siapa saja mereka?

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, kita disuguhkan oleh penampilan dari senior dalam ajang 2026. Tergabung dalam grup F bersama Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina, anak asuh Shin Tae-yong itu total akan memainkan enam laga di babak kualifikasi tersebut.

Akan tetapi, pada bulan November ini, Marc Anthony Klok dkk hanya memainkan dua laga saja. Dua laga tersebut adalah melawan Timnas Irak dan Timnas Filipina. Sisanya, mereka akan kembali melanjutkannya pada tahun depan.

Menariknya, pada tahun depan, bukan hanya Kualifikasi Piala Dunia 2026 saja yang akan diikuti oleh Timnas Indonesia. Namun ada even yang tak kalah pentingnya yakni Piala Asia 2023 (dilaksanakan tahun 2024) di Qatar. Dalam ajang tersebut, Timnas Indonesia berada di grup amat sulit. Dipastikan berada di grup D, anak asuh Shin Tae-yong itu bakal melawan Jepang, Irak, dan Vietnam. Di atas kertas, ketiga tim tersebut adalah lawan-lawan yang memiliki peringkat jauh di atas Indonesia (rangking FIFA).

Akan tetapi, jauh sebelum even tersebut digelar, Shin Tae-yong kemungkinan besar tidak akan membawa beberapa pemain yang saat ini menjadi kepercayaannya. Ya, pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan November ini, Timnas Indonesia bertanding sebanyak dua kali melawan Irak dan Filipina. Dari dua laga itu, skuad Garuda tak pernah meraih kemenangan. Mereka dipermalukan Irak 5-1 di Basra International Stadium dan ditahan imbang Filipina 1-1 di Rizal Memorial Stadium.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

4 Pemain yang Terancam Tak Dibawa ke Piala Asia 2023 Qatar, Siapa Saja?
Aksi Egy Maulana Vikri di laga Indonesia vs Brunei Darussalam Oktober kemarin

Dari dua laga tersebut, sebagai orang yang cukup melek dalam sepakbola tanah air, kita sudah bisa menyimpulkan beberapa nama yang penampilannya tak memuaskan. Bahkan, kemungkinannya adalah pemain-pemain tersebut tidak akan dibawa lagi ke ajang berikutnya seperti lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 tahun depan atau Piala Asia 2023. Siapa saja mereka?

1. Adam Alis

Pada dua laga melawan Irak dan Filipina kemarin, Adam Alis hanya bermain selama 45 menit saja. Ia dipasang sebagai starter ketika melawan Timnas Irak. Sayangnya, penampilan punggawa Borneo FC ini tak memuaskan. Alhasil, ia digantikan di babak kedua – bahkan tak dimainkan lagi di laga melawan Filipina.

Akibatnya, ia disebut-sebut sebagai salah satu pemain yang akan tersingkir dari skuad Garuda tahun depan.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

2. Edo Febriansyah

Edo menjadi salah satu nama yang tak masuk dalam starting line up maupun cadangan di laga kontra Irak. Ia hanya duduk di tribun penonton menyaksikan aksi para rekan-rekannya. Ketika melawan Filipina, Edo masuk sebagai daftar pemain cadangan namun dirinya tak pernah mendapatkan kesempatan.

Persaingan di posisi fullback kiri Timnas Indonesia memang sangat ketat. Selain Edo, Shin lebih percaya pada sosok Shayne Pattynama dan Pratama Arhan. Atas hal itu, kemungkinannya adalah ia tak akan dibawa ke Qatar (tuan rumah Piala Asia 2023) tahun depan.

3. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri gagal membuktikan aksinya dalam dua laga terakhir Timnas Indonesia. Ia hanya jadi penonton di laga skuad Garuda versus Irak dan Filipina. Dibandingkan Egy, STY lebih nyaman dengan pemain yang lebih energik seperti Saddil Ramdani dan lainnya.

4. Dendy Sulistyawan

Dendy tampil buruk di laga melawan Irak beberapa waktu lalu. Striker Bhayangkara FC itu cuma mencatatkan tiga kali operan sukses. Bahkan, ia melakukan tiga pelanggaran atau fouls. Di laga melawan Filipina, Dendy hanya duduk di bangku cadangan.

Kehadiran Rafael Struick dan beberapa pemain naturalisasi berikutnya akan membuat nama Dendy semakin tenggelam. Besar kemungkinan ia tak akan mendapat satu tempat di skuad Garuda tahun depan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid