Timnas Indonesia

Asnawi Ingin Buktikan Indonesia Bukan Tim Lemah di Piala Asia 2023



NOBARTV NEWS – Asnawi Mangkualam Bahar ingin membuktikan kalau Indonesia bukanlah tim lemah di Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, pada hari Minggu kemarin (14/01), skuad Garuda yang diwakili oleh sang pelatih Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam Bahar melakukan konferensi pers jelang laga melawan Irak. Ya, di even akbar Piala Asia 2023 ini, skuad Garuda tergabung dengan Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Jepang.

Sebelumnya, Jepang dan Vietnam sudah berduel di laga perdananya dalam grup D tersebut. Pada laga itu Jepang menang dengan skor meyakinkan 4-2. Adapun Indonesia, anak asuh Shin Tae-yong itu baru memulai laga perdananya pada Senin malam ini.

Direncanakan, laga melawan Irak akan digelar di Ahmed bin Ali Stadium. Menariknya, laga melawan Timnas Irak merupakan laga ulangan untuk kedua tim. Sebelumnya, Irak dan Indonesia sudah pernah berduel pada tahun 2023 kemarin. Kala itu kedua tim dipertemukan dalam ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Sayangnya, pada laga itu, skuad Garuda dipermalukan oleh sang lawan dengan skor telak 5-1. Oleh karena itu, Asnawi dalam sesi konferensi pers kemarin mendaku ia dan rekan-rekannya siap untuk membuat kejutan. Kejutan itu akan dibuktikan dengan laga perdananya melawan Irak. Dengan pembuktian itu, Asnawi ingin menekankan kalau bukanlah tim lemah di even akbar tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Pertama saya ingin saya sampaikan, kami dalam kondisi yang baik,” kata Asnawi dalam sesi konferensi pers tersebut.

Asnawi mengungkit pertemuan sebelumnya melawan Irak pada Kualifikasi Piala Dunia kemarin. Katanya, kekuatan tim-nya saat ini berbeda dengan pertemuannya saat itu. Selain itu, persiapan yang sudah dilakukan timnya, kata Asnawi jauh lebih baik.

Asnawi Ingin Buktikan Indonesia Bukan Tim Lemah di Piala Asia 2023
Asnawi dan skuad Timnas Indonesia sedang melakukan latihan jelang laga perdana Piala Asia 2023

“Dua bulan lalu kami sudah bertemu dengan Irak di Kualifikasi Piala Dunia dan tentunya kami datang ke sini dengan kekuatan yang berbeda,” tambah pemain yang pernah merumput bersama Ansan Greeners itu.

“Dan persiapan yang jauh lebih baik,” tegasnya lagi.

“Ya kami akan menampilkan yang terbaik di pertandingan besok. Dan kami dalam kondisi dan semua pemain dalam kondisi terbaik dan siap memberikan yang terbaik dalam kondisi besok. Kami juga akan membuktikan bahwa Indonesia bukan tim yang lemah di Grup ini.”

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Sebagai seorang kapten dan mewakili skuad Timnas Indonesia, Asnawi menyebut sangat bahagia karena Indonesia – pada akhirnya kembali ke turnamen ini. Diketahui, terakhir kali skuad Garuda tampil adalah pada tahun 2007 yang di mana saat itu Indonesia dan tiga negara Asia Tenggara lainnya berstatus sebagai tuan rumah.

“Pertama tentunya sangat senang setelah Indonesia kembali ke turnamen ini selama 16 tahun. Dan kami dipenuhi dengan pemain muda di turnamen ini dan setelah ditunjuk sebagai kapten tentunya sangat senang,” ucapnya.

“Dan semua tanggung jawab akan saya jalankan dan ini tentunya tanggung jawab yang berat buat saya,” tutup pria asal Makassar itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid