Timnas Indonesia

Cetak 5 Gol Sundulan Bukti STY Sulap Timnas U-20 Jadi Lebih Berisi! Berikut Daftar Postur Skuad Garuda Muda!



Cetak 5 Gol Sundulan Bukti STY Sulap Timnas U-20 Jadi Lebih Berisi! Berikut Daftar Postur Skuad Garuda Muda!
Hokky Caraka cetak gol sundulan di Kualifikasi Piala Asia U-20

NOBARTV NEWS – Lima dari total 12 gol yang dicetak skuad Garuda muda di Kualifikasi Piala Asia U-20 berasal dari sundulan. Hal ini menunjukkan bahwa postur tubuh bukan menjadi masalah lagi bagi mereka. Siapa aktor penting di balik ketangkasan serta penampilan apik Garuda muda saat ini? Tak lain tak bukan karena peran sang pelatih Shin Tae-yong.

Di tiga laga U-20 di fase grup beberapa waktu lalu, skuad asuhan Shin Tae-yong itu membukukan total 12 gol. Menariknya, lima gol yang dikemas oleh Garuda muda berasal dari sundulan.

Ketika memenangkan laga perdana kontra Timor Leste 4-0, tiga di antara gol tersebut dicetak lewat sundulan: 2 dari Hokky Caraka dan 1 gol lainnya dari Rabbani Tasnim.

Berlanjut di laga kedua melawan Timnas Hongkong, 1 di antara 5 gol yang dicetak pada laga tersebut berasal dari sundulan Rabbani Tasnim. Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia menang telak dengan skor akhir 5-1.

Bahkan di laga terakhir melawan Vietnam, gol penyama kedudukan saat itu dicetak oleh Muhammad Ferrari lewat sundulan khasnya. Dan untuk diketahui, Muhammad Ferrari juga pernah mencetak 2 gol sundulan dalam satu laga ketika Timnas Indonesia menantang Myanmar di laga pamungkas grup A U-19 2022 beberapa waktu lalu.

Hal ini menunjukkan bahwa Shin telah menemukan formula yang selama ini ia cari-cari. Sebab dalam beberapa kesempatan, pelatih asal Korea Selatan itu kerap mengeluhkan fisik dan postur anak asuhnya yang menurutnya masih kurang.

“Skill juga bagus, tetapi tingginya kurang. Saat tampil di , kita akan menghadapi tim dengan postur yang tinggi-tinggi dan kekar. Jadi tentu di tim ini butuh pemain baru termasuk pemain naturalisasi,” papar Shin pada pertengahan Juli lalu.

PSSI Anggarkan Vitamin Peninggi untuk Timnas Indonesia U-16

Masih terkait dengan fisik pemain, PSSI pernah mewacanakan untuk memberikan vitamin peninggi badan kepada skuad asuhan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat itu.

Usai membawa Garuda Asia menang atas Vietnam di partai final Piala AFF U-16 2022, PSSI berjanji untuk memantau perkembangan mereka sampai usia yang matang dan akan diberikan vitamin peninggi badan yang dimaksud.

“Sudah saya sampaikan ke Menpora [Zainudin Amali], saya akan mengawal mereka [pemain Timnas U-16] sampai terus ke usia 20. Mereka kita persiapkan kelengkapan vitaminnya, meskipun ada di klub,” jelas Mochamad Iriawan 15 Agustus lalu.

Mengingat Marselino Ferdinan dkk tidak pernah mendapatkan kesempatan seperti yang akan diberikan kepada skuad Garuda Asia (Timnas U-16) berupa pemberian vitamin peninggi badan, maka bisa dibayangkan bagaimana besar dan berisinya postur yang dimiliki oleh Iqbal Gwijangge dkk di saat mereka memasuki umur 20-an nanti.

Shin yang tanpa obat tersebut saja mampu menjadikan Timnas Indonesia U-19 lebih berisi dan berotot, bagaimana nanti jika ia menangani Iqbal Gwijangge dkk jika sudah memasuki Timnas U-20? Tentunya akan lebih beringas dari angkatan yang saat ini tengah digodoknya.

Berikut postur pemain Timnas Indonesia yang berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:

1. Cahya Supriadi – Persija Jakarta (179 cm)

2. Erlangga Dwi Setyo Saputro – Persis Solo (192 cm)

3. Muhammad Ferari – Persija Jakarta (179 cm)

4.Dimas Juliono Pamungkas – Bhayangkara FC (174 cm)

5. Ahmad Rusadi – Persela Lamongan (177 cm)

6. Dia Syayid Alhawari – Persija Jakarta (tidak diketahui)

7. Kakang Rudianto – Persib Bandung (183 cm)

8. Frenky Missa – Persija Jakarta (168 cm)

9. Marselino Ferdinan – Persebaya Surabaya (176 cm)

10. Arkhan Fikri – Arema FC (165 cm)

11. Zanadin Faris – Persis Solo (162)

12. Achmad Maulana Syarif – Persija Jakarta (182 cm)

13. Ronaldo Kwateh – Madura United (180 cm)

14. Ginanjar Wahyu Ramadhani – Persija Jakarta (179 cm)

15. Rabani Tasnim Siddiq – Borneo (180 cm)

16. Hokky Caraka Bintang Briliant – PSS Sleman (177 cm)

17. Roby Darwis – Persib Bandung (170 cm)

18. Aditya Arya Nugraha – Persebaya Surabaya (183 cm)

19. Barnabas Sobor – PSPS Riau (180 cm)

20. Alfrianto Nico Saputro – Persija Jakarta (172 cm)

21. Rahmat Beri Santoso – Barito Putera (173 cm)

22. Arsa Ahmad Ramadan – Bhayangkara FC (180 cm)

23. Doni Tri Pamungkas – Persija Jakarta (177 cm)


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment