Kualifikasi Piala Asia 2023

Miliki Nasib Serupa dengan Timnas U-20, Skuad Timnas U-17 Harus Berjuang Hingga Akhir di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023



NOBARTV NEWS U-17 memiliki nasib yang sedikit mirip dengan Timnas U-20 ketika berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Saat itu, Marselino Ferdinan dkk tidak boleh kalah demi meloloskan diri ke putaran final Piala Asia U-20. Dan kini, Arkhan Kaka dkk setidaknya harus meraih hasil imbang atas Malaysia agar lolos ke fase berikutnya.

Di Kualifikasi Piala Asia U-20 kemarin, skuad asuhan Shin Tae-yong itu telah mengumpulkan 6 poin dari dua laga. Dan ternyata, tim sebelah sesama Asia Tenggara Vietnam juga mengumpulkan poin dengan jumlah yang sama. Maka, kemenangan adalah harga mati bagi Marselino Ferdinan dkk agar lolos ke putaran final Piala Asia U-20 di Uzbekistan tahun depan.

Pada akhirnya, dewi fortuna berpihak pada skuad Garuda muda. Di matchday terakhir grup F, Hokky Caraka dkk menang atas The Young Golden Stars (julukan Timnas Vietnam) dengan skor akhir 3-2. Atas hasil tersebut Garuda muda dipastikan lolos ke fase berikutnya.

Dan kini, di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Garuda Asia (julukan Timnas U-17) harus bermain hingga matchday terakhir demi meloloskan diri ke putaran final Piala Asia. Dijadwalkan, Arkhan Kaka dkk akan berhadapan dengan Timnas Malaysia pada 9 Oktober 2022 di Stadion Pakansari Bogor.

Siapapun pemenang dalam laga ini, maka tim yang menang otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Mengapa? Berikut alasannya.

Saat ini, Timnas Indonesia U-17 telah mengumpulkan 9 poin dari tiga kali kemenangan. Masing-masing, Timnas U-17 menang atas Guam U-17 (14-0), lalu UEA U-17 (3-2) dan terakhir Palestina (2-0). Sedangkan Timnas Malaysia, dari tiga laga yang sudah dijalaninya, skuad yang dijuluki Harimau Malaya muda itu sudah mengumpulkan 7 poin dari dua kali menang dan satu imbang. Anak asuh Osmera bin Omaro itu menang dua kali masing-masing atas UEA U-17 dan Palestina U-17, serta imbang dengan Guam U-17 dengan skor sama kuat 1-1.

Meski selisih poin kedua tim terpaut dua angka, namun Malaysia otomatis lolos jika mereka sukses menjungkalkan Indonesia di laga pamungkas nanti. Jika itu terjadi (Malaysia menang), maka Indonesia terpaksa mengakhiri babak kualifikasi di bawah sang rival karena Malaysia berhak merengkuh 10 poin dan lolos ke Piala Asia.

Akan tetapi jika Timnas Indonesia imbang atau menang, maka Iqbal Gwijangge dkk dijamin lolos ke putaran final Piala Asia U-17 karena poin yang dimilikinya tidak akan mungkin terkejar lagi.

Dengan demikian, laga Timnas Indonesia U-17 Vs Malaysia akan menjadi laga penentuan untuk kedua tim. Menarik untuk menunggu dan menjadi saksi di laga nanti.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments