Timnas Indonesia

Persiapan Piala Dunia U-17, PSSI Bakal Kirim Garuda Muda TC di Luar Negeri

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS U-17 akan dikirim ke luar negeri untuk melakukan pemusatan latihan guna mempersiapkan diri jelang tampil di 2023.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, FIFA lewat laman resminya memilih Indonesia sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 2023. Awalnya, negara asal Amerika Latin Peru diminta sebagai rumah untuk ajang sepakbola internasional itu.

Akan tetapi, dikarenakan krisis ekonomi yang melanda Peru – ditambah dengan ketidaksiapan negara tersebut dari segi infrastruktur, FIFA pada akhirnya mencabut hak Peru sebagai tuan rumah. Dan sebagai gantinya, ditunjuklah Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Lucunya, Indonesia beberapa waktu lalu juga dinyatakan batal sebagai tuan rumah untuk 2023. Batalnya status tuan rumah itu dikarenakan Indonesia dianggap tidak siap untuk menjamin keselamatan para pesertanya untuk berlaga. Ya, beberapa waktu lalu, berbagai gelombang protes disuarakan oleh banyak orang terkait hadirnya Timnas Israel. Israel sendiri merupakan salah satu perwakilan Eropa di ajang tersebut.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun karena konflik negara tersebut yang dianggap sebagai penjajah Palestina, maka kehadirannya di Indonesia pun mendapatkan tantangan dari berbagai elemen masyarakat. Alhasil, FIFA pun membatalkan status tuan rumah tersebut.

Tapi syukurnya, FIFA akhirnya memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk kembali menjadi tuan rumah untuk ajang sepakbola internasional lainnya. Dan untuk menyambut even tersebut, PSSI kabarnya akan mengirim skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) ke luar negeri untuk melakukan TC (pemusatan latihan). Di sana, mereka tak hanya melakukan pemusatan latihan saja, namun Arkhan Kaka dkk juga akan melakukan beberapa laga uji coba.

Namun sebelum skuad Garuda Asia berangkat ke luar negeri, staf kepelatihan Timnas Indonesia akan menyeleksi pemain di beberapa kota terlebih dahulu.

“Jadi kami akan melakukan seleksi para pemain U-16 dan U-17 di sembilan wilayah, setelah itu kami petakan, kami gabungkan,” ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir saat sesi konferensi pers Sabtu (24/06) kemarin.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Nanti di bulan Juli Agustus mulai TC, dan September Oktober kami kirim ke luar negeri, sehingga kita harapkan bisa ada beberapa pertandingan untuk persiapan, baik dengan negara-negara Eropa, Asia Afrika, sehingga mereka tidak kaget di kejuaraan dunia U-17 nanti,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Dan tentu susunan tim-tim yang sudah lolos masih diproses. Kami lihat, tunggu, mungkin 1-2 hari bisa tahu siapa saja yang lolos,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment