Timnas Indonesia

TC Garuda Muda Berakhir, Nova Arianto Tegaskan Timnas U-20 Bukan Tempat Main-main

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Garuda muda telah kembali ke tanah air sejak tadi malam setelah mengikuti TC selama kurang lebih dua bulan di Eropa. Setelah ini, mereka akan dibubarkan sementara itu STY masih berada di Eropa dalam rangka melobi klub Sandy Walsh dan Jordi Amat agar kedua pemain tersebut diizinkan bela Indonesia di 2022.

Diketahui, Garuda muda baru saja menyelesaikan seluruh agenda uji coba selama di Eropa. Marselino Ferdinan dkk melakukan 11 uji coba dengan rincian tujuh uji coba di Turki dan empat di Spanyol. Dari keseluruhan uji coba tersebut, Garuda muda hanya meraih 3 kemenangan, 3 imbang, dan 5 kali menelan kekalahan.

Hasil uji coba tersebut bisa dikatakan sangat buruk. Namun mengingat lawan-lawan yang dihadapi berada pada level di atas mereka, maka hasil tersebut bukanlah sesuatu yang patut untuk disesalkan. Bahkan, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan tidak mempermasalahkan hasil uji coba-uji coba tersebut. Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu menyebut Garuda muda tengah dalam proses – yang di mana keberhasilan tengah menanti mereka di depan mata.

Usai TC tersebut, Garuda muda sudah pasti dibubarkan. Jika kembali bergulir, maka pemain yang memiliki klub dipastikan akan bergabung dengan klub yang dibelanya. Adapun untuk TC lanjutan, PSSI menegaskan bahwa TC akan kembali dilakukan menjelang dihelatnya Piala Asia U-20 dan tahun depan.

Terkait uji coba dan pemusatan latihan kemarin (Eropa), asisten Shin Tae-yong yakni Nova Arianto memuat tulisan panjang di akun instagramnya. Eks bek itu sangat bersyukur dengan adanya TC di Eropa. Dengan TC tersebut, pelatih dan stafnya jadi lebih tahu kekurangan apa saja yang ada pada skuad Garuda muda.

Bahkan, di salah satu TC kemarin, Marselino Ferdinan dkk berkesempatan melawan Timnas Slovakia U-20 dan Timnas Prancis U-20. Slovakia dan Prancis adalah dua tim yang dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023. Dengan melawan tim sekelas mereka, Nova tetap bersyukur meskipun timnya tidak meraih kemenangan.

“Akhirnya selesai sudah Training Center di sini (Eropa) dan semakin tahu kekurangan tim ini di mana dan kami bisa menilai kesiapan tim ini apabila dibandingkan dengan calon lawan-lawan kita di Piala Dunia,” tulis Nova.

Nova menegaskan bahwa pesepakbola khususnya pemain tim nasional harus memiliki mental kuat dan disertai tanggung jawab yang besar. Bagi Nova, tim nasional bukanlah tempat main-main.

“Pemain harus punya mental kuat dan pemain harus punya tanggung jawab untuk bermain di Tim Nasional karena Tim Nasional bukan tempat untuk main main, buat pemain yg tidak punya MENTAL kuat dan tidak punya MENTAL untuk bersaing dengan lainnya pastinya akan hilang dengan sendirinya,” lanjutnya.

“Selanjutnya coaching staff akan langsung melanjutkan perjalanan dengan mempersiapkan Timnas senior untuk ajang terdekat AFF Mitsubishi Cup, selalu sehat dan semangat coach untuk sepak bola Indonesia,” tutup Nova yang juga mantan pemain Persib Bandung itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments