Intermezzo

Ketum PSSI Bersedia Bertemu STY untuk Bahas Perpanjangan Kontrak Baru

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir merespon keinginan Shin Tae-yong untuk bertemu dengannya guna membahas masalah kontrak sang pelatih. Erick mengaku bersedia untuk melakukan pertemuan dengan pelatih asal Korea Selatan itu.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong datang ke Indonesia pada tahun 2019. Saat itu, STY didatangkan oleh PSSI di masa-masa awal kepemimpinan Mochamad Iriawan. Tujuan didatangkannya eks pelatih Seongnam Ilhwa itu adalah untuk menukangi U-20 di even 2023.

Namun ketika datang ke Indonesia, Shin ingin menukangi tiga kelompok umur sekaligus. Alhasil, sejak resmi jadi pelatih Timnas Indonesia, pelatih kelahiran Yeongdeok itu tercatat membesut tim senior, U-23, dan U-20. Namun tujuan utama sang pelatih tentu untuk menukangi Timnas Indonesia di even Piala Dunia U-20 tersebut.

Tanpa diduga-duga, Shin bersama kelompok umur lainnya yaitu tim senior sukses melesat. STY berhasil membawa Timnas Indonesia dari peringkat 170-an FIFA ke posisi 149. Selain itu, ia juga berhasil membawa Timnas Indonesia ke even Piala Asia 2023 di Qatar. Tak hanya itu saja, bersama Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong turut membawa Hokky Caraka ke Piala Asia U-20 2023.

Namun sayangnya, ia (STY) gagal membuktikan tajinya di Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, even tersebut dinyatakan batal dilaksanakan di Indonesia. Sementara itu, kontrak sang pelatih akan berakhir pada akhir tahun ini. Alhasil, Shin kebingungan karena kontraknya akan berakhir sedangkan satu-satunya even besar yang akan diikutinya yakni Piala Asia 2023 akan dilaksanakan di luar dari masa kontraknya.

Atas dari itu, Shin mengaku ingin bertemu dengan Erick Thohir. Ia ingin menanyai perihal nasibnya bersama Timnas Indonesia.

“Memang karena kemarin bentrok ya SEA Games sama Piala Dunia U-20 jadi mau tidak mau tidak bisa pegang keduanya (timnas U-20 dan U-22),” kata Shin Tae-yong.

“Jadi sekarang coach Indra (Sjafri) yang pegang (timnas U-22). Dan memang tidak ada jadwal apa-apa sampai 10 Juni 2023. Jadi memang harus dipikirkan agenda selanjutnya apa,” katanya menambahkan.

“Memang akan lanjut terus ya sampai akhir tahun ini,” kata Shin Tae-yong lagi terkait masalah kontraknya.

“Karena memang kontraknya seperti itu. Dan mungkin sekarang-sekarang ini harus bertemu dengan Pak Erick untuk membicarakan masa depan saya,” ujarnya menutupi.

Beruntungnya, seusai melakukan kunjungan ke markas FIFA, Erick Thohir mengaku bersedia untuk bertemu – sekaligus duduk bersama (STY) guna membahas masalah kontrak tersebut. Dari apa yang dikatakan Erick, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu mengindikasikan dirinya masih ingin memperpanjang kontrak sang pelatih.

“Sekarang kita mesti duduk, Mei-Desember 2023 ini seperti apa karena kemarin ketemu coach Shin itu duduk membicarakan persiapan timnas U-20 main di Uzbekistan (Piala Asia U-20), TC di Korea lalu pulang ujicoba lagi (untuk Piala Dunia U-20),” kata Erick Thohir.

“Saya rasa coach Shin kinerjanya baik, tetapi saya akan meminta lebih. Ya kita lihat saja nanti (lebihnya),” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments