Timnas Indonesia

Bung Towel Minta PSSI Ambil Sikap Jika STY Gagal di Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kritik-kritik panas masih terus didapatkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kali ini, kritikan itu datang dari pengamat sepakbola Tommy Welly. Pria yang akrab disapa Bung Towel itu meminta PSSI untuk mengambil sikap tegas jika Shin Tae-yong gagal di Piala Asia 2023.

Tahun depan, Timnas Indonesia akan tampil di ajang bergengsi dengan tajuk Piala Asia 2023. Di even sepakbola terbesar di benua Asia itu, skuad Garuda tergabung dalam grup D bersama Timnas Jepang, Irak, dan Vietnam.

Selain Piala Asia 2023, terdapat beberapa even penting lainnya yang akan diikuti oleh Shin Tae-yong seperti menukangi skuad Garuda di 2026 hingga 2024. Sederet agenda penting ini sejatinya tidak akan diemban oleh Shin Tae-yong. Kenapa?

Diketahui, kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia semulanya berakhir pada 31 Desember 2023. Akan tetapi, setelah sang pelatih sukses membawa Timnas Indonesia di dua kelompok umur tersebut tampil di even bergengsi itu, maka PSSI pun mengambil keputusan untuk memperpanjang kontraknya selama beberapa bulan. Ya, kontrak baru yang didapatkan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia hanya beberapa bulan saja. Kontrak tersebut cuma bertahan sampai even-even yang disebutkan di atas tadi berakhir. Terkait nasibnya ke depan – apakah akan diperpanjang atau tidak, semuanya diputuskan sesuai dengan penampilan skuad Garuda di even-even tersebut.

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

Bung Towel Minta PSSI Ambil Sikap Jika STY Gagal di Piala Asia 2023
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Sayangnya, meskipun even-even yang disebutkan tadi belum digelar, namun kritikan kepada Shin sudah dilempar sejak dini. Kritikan tersebut datang dari berbagai kalangan. Sebelumnya, bos Borneo FC Nabil Husein mengkritik Shin karena sang pelatih tak membawa dua pemain Pesut Etam dalam persiapan skuad Garuda jelang Piala Asia 2023 tersebut. Dan terbaru, kritik lain juga disampaikan oleh pengamat sepakbola Indonesia Bung Towel.

Bung Towel menyindir ucapan Shin sebelumnya yang menyebut kalau Timnas Indonesia sudah berada di level Asia. Namun mirisnya, ketika bertemu dengan Timnas Irak beberapa waktu lalu, Marc Klok dkk justru dibantai dengan skor telak 5-1.

“Dia [Shin Tae-yong] sudah mengatakan kita level Asia, tetapi kalah 1-5 dari Irak, lalu seandainya di Piala Asia gagal dan tidak memperlihatkan penampilan yang sesuai saat lawan Irak, Vietnam, dan Jepang, PSSI tunggu apa lagi?” jelas Bung Towel.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Oleh karena itu, sedini mungkin, Bung Towel memberikan ultimatum kepada PSSI. Ultimatum itu berisi jika Shin gagal di Piala Asia nanti, maka PSSI – sebagai Federasi Sepakbola Indonesia wajib untuk mengambil sikap.

“Enggak usah buang waktu, waktu sudah diberikan, kelengkapan sudah diberikan, fasilitas sudah diberikan, naturalisasi sudah diberikan. PSSI harus melakukan evaluasi, review dan ambil keputusan,” ujarnya memungkasi.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara, Shin menyebut Timnas Indonesia ditargetkan untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Apakah target tersebut mampu untuk dicapai oleh skuad Garuda? Atau malah melempem – sehingga membuat kritikan kepadanya semakin tajam?

“Persiapan kita targetnya 16 besar. Untuk itu saya dan seluruh pemain akan berusaha maksimal dan berjuang keras,” kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid