Timnas Indonesia

Sentil Kinerja Striker, STY : Striker Timnas Harus Bisa Menyerang dan Bantu Pertahanan



Sentil Kinerja Striker, STY : Striker Timnas Harus Bisa Menyerang dan Bantu Pertahanan
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Skuad beserta pelatih dan staf telah berangkat dari Jakarta ke Kuwait pada Jumat malam kemarin. Mereka akan berlaga di . Demi meraih hasil maksimal di babak kualifikasi tersebut, Shin Tae-Yong membawa 23 pemainnya termasuk dua striker pilihannya yakni Muhammad Rafli dan Dimas Drajad.

Untuk Dimas Drajad, ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuknya. Apalagi ia pernah mengalami cidera selama satu tahun penuh. Meski pernah bermain di Timnas Indonesia kelompok umur, namun Dimas tidak serta-merta mendapatkan kesempatan bermain di timnas senior usai pulih dari cidera.

Namun, atas desakan netizen dan juga berdasarkan performa amat baiknya bersama Persikabo, Shin Tae-Yong akhirnya memasukkan namanya dalam skuad Timnas Indonesia yang dibawa ke Kuwait .

Penampilan apiknya bersama Persikabo usai dibekap cidera membuat Coach Shin memutuskan untuk memanggilnya. Namun, tidak untuk SEA Games 2021 dan 2020 lalu. Dimas saat itu masih diabaikan oleh Shin Tae-Yong meski sudah menunjukkan performa baik bersama klubnya.

Baca Juga:  Rapor Striker Indonesia yang Dibawa ke Laga kontra Irak dan Filipina, Siapa yang Terbaik?

Barulah di Kualifikasi Piala Asia ini Shin Tae-Yong mulai memberikan kepercayaan untuknya.

Rupanya, Shin Tae-Yong sudah berbicara secara khusus kepada Dimas Drajad. Shin Tae-Yong meminta kepada striker Timnas Indonesia itu untuk membantu pertahanan jika tim lawan sedang menyerang. Jadi, selain ditugaskan untuk mencetak sebanyak-banyaknya gol, striker Timnas Indonesia itu juga harus turun ke lini pertahanan ketika mereka sedang diserang oleh lawan.

Shin Tae-Yong menekankan para pemain depan itu wajib turun ketika lawan sedang mendapatkan hadiah corner kick.

“Masalah tendangan penjuru, disuruh jaga yang bahaya-bahaya,” terang Dimas Drajad.

“Saya walaupun striker harus tetap ikut bertahan,” sambung mantan pemain Timnas Indonesia U-19 itu.

Terkait cara melatih Shin Tae-Yong, Dimas mengaku kaget saat pertama kali dilatih oleh pria berkebangsaan Korea Selatan itu. Wajar, ini adalah pertama kalinya menerima latihan langsung dari mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Baca Juga:  Laga Uji Coba Indonesia vs Tanzania Disiarkan Langsung dan Boleh Dihadiri Penonton

“Pertama kaget dua tiga hari, terus mulai terbiasa. Sekarang sudah terbiasa dengan gayanya coach Shin,” tutup Dimas Drajad.

Di Kuwait, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Kuwait, Timnas Yordania, dan Timnas Nepal dalam grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia dijadwalkan akan menantang tuan rumah Kuwait di laga perdana grup A pada tanggal 8 Juni mendatang.

Berikut jadwal lengkap Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 :

Rabu 8 Juni 2022 (pukul 23.15 WIB)

Kuwait vs Timnas Indonesia

Minggu 12 Juni 2022 (pukul 02.15 WIB)

Timnas Indonesia vs Yordania

Rabu 15 Juni 2022 (pukul 02.15 WIB)

Timnas Indonesia vs Nepal

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid