Timnas Indonesia

Pelatih Asal Korea Selatan Ramaikan Piala Asia 2023, Begini Respon Keren STY



Pelatih Asal Korea Selatan Ramaikan Piala Asia 2023, Begini Respon Keren STY
Shin Tae-Yong dan Park Hang-Seo

NOBARTV NEWS – Kedatangan Kim Pan-gon sebagai pelatih Timnas Malaysia beberapa bulan lalu membuat dirinya resmi menjadi pelatih asal Korea Selatan ketiga yang tengah menangani tim asal Asia Tenggara. Sebelumnya sudah ada nama Shin Tae-Yong (Indonesia) dan Park Hang-Seo (Vietnam).

Persaingan ketiga pelatih asal Korea Selatan itu ternyata tidak hanya berputar pada zona Asia Tenggara saja. Melainkan di level yang jauh lebih tinggi yakni Piala Asia 2023.

dan Malaysia berhasil menembus babak final Piala Asia 2023 usai finis sebagai runner-up terbaik di babak Kualifikasi Piala Asia beberapa minggu yang lalu. Sedangkan Vietnam sudah lebih dulu menginjakkan kakinya di Piala Asia karena finis sebagai runner-up di ajang Kualifikasi yang dilangsungkan sebelumnya.

Dengan demikian, persaingan antar pelatih asal Korea Selatan itu akan lebih sengit karena berada di level yang jauh lebih tinggi.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong merespon dengan sangat baik terkait peta persaingan tersebut.

“Jika Anda jatuh cinta dengan orang Korea atau pemimpin Korea, bagian di mana Anda membenamkan diri dan melakukan yang terbaik tampaknya mendapatkan evaluasi yang baik di Asia Tenggara,” tutur Shin Tae-Yong.

Coach Shin mengungkap jika menangani sebuah tim nasional tidak sekadar melakukan tugas semata – namun dibutuhkan rasa ‘cinta' dan ‘setia' terhadap pekerjaan tersebut.

“Bukan hanya untuk mengisi masa kontrak, tetapi untuk melakukan yang terbaik sambil setia melakukan pekerjaanmu,” tambahnya.

Shin Tae-Yong bertekad untuk membawa Timnas Indonesia berbicara banyak di Piala Asia nanti.

“Berkontribusi untuk sepak bola nasional adalah contoh. Saya akan memainkan permainan yang bagus di Piala Asia tahun depan,” tandasnya.

Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 15 tahun, Shin Tae-Yong akhirnya membawa Indonesia berlaga di Piala Asia. Keberhasilan itu didapatkan berkat buah dari kesabaran masyarakat Indonesia menunggu selama ini.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Shin Tae-Yong sempat diragukan ketika awal-awal melatih Timnas Indonesia di tahun 2020 lalu. Namun secara perlahan, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu menunjukkan tajinya sebagai salah satu pemimpin taktik terbaik di benua Asia.

Shin Tae-Yong membawa Timnas Indonesia finis di posisi runner-up 2020 dengan materi pemain mudanya. Setelah itu mampu menyingkirkan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga SEA Games 2021. Hingga pada akhirnya, pelatih kelahiran Yeongdeok itu membawa Timnas Indonesia menyingkirkan tim kuat seperti Kuwait untuk berlaga di event sepak bola terakbar di benua Asia yakni Piala Asia 2023.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid