Timnas Indonesia

Media Vietnam Klarifikasi Absennya Indonesia di Turnamen Thanh Nien Cup 2022



Media Vietnam Klarifikasi Absennya Indonesia di Turnamen Thanh Nien Cup 2022
Vietnam Vs Indonesia di U-19

NOBARTV NEWS – Timnas Vietnam U-19, Malaysia U-19, Myanmar U-19, dan Thailand U-19 akan mengikuti turnamen mini yang akan diselenggarakan di Binh Doung, Vietnam pada 5 – 10 Agustus 2022. Ajaibnya, tidak ada nama – yang notabenenya merupakan tim kuat di Asia Tenggara.

Beberapa kalangan menyebut VFF kecewa karena aduan Indonesia kepada AFF terkait kontoversi dugaan sepak bola gajah yang dilakukan Timnas Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu. Adapula yang mengkalim jika Vietnam sakit hati karena Indonesia berniat hengkang atau keluar dari AFF untuk bergabung dengan EAFF.

Namun, media asal Vietnam, The Thao membantah berbagai rumor tersebut.

Turnamen yang diadakan oleh VFF ini sejatinya mengundang beberapa tim elit Asia. Mereka adalah Timnas Jepang U-19 dan Arab Saudi U-19. Hanya saja, kedua tim tersebut diputuskan absen dari turnamen tersebut. Sehingga hanya menyisakan tuan rumah Vietnam dan Myanmar yang sedari awal sudah masuk dalam daftar peserta turnamen.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun ternyata, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) dan Thailand berminat untuk gabung di turnamen ini – sehingga VFF mencabut undangan yang akan mereka kirim ke Arab Saudi dan Jepang. Dengan demikian, Malaysia, Myanmar, Vietnam, dan Thailand lah yang akhirnya resmi mengikuti turnamen yang diberi nama Thanh Nien Cup 2022 ini.

Jadi bisa disimpulkan bahwa PSSI bukannya tidak diajak namun PSSI memang tidak berniat untuk melihat Timnas Indonesia U-19 tampil di ajang ini.

“Turnamen persahabatan ini digelar di Binh Doung pada 5-11 Agustus 2022. Sebelumnya, Jepang dan Arab Saudi akan tampil di turnamen ini. Namun, karena tujuan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Thailand dan Malaysia meminta kepada VFF untuk ikut berpartisipasi,” rilis media asal Vietnam, The Thao 247.

Tujuan utama turnamen ini diselenggarakan adalah sebagai persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia U-20. Sebagaimana diketahui, tuan rumah Thanh Nien Cup 2022, Vietnam satu grup dengan Indonesia, Timor Leste, dan Hongkong. Dan seluruh pertandingan di grup tersebut akan dilangsungkan di Indonesia.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Pertemuan Vietnam dan Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 nanti menjadi partai ulang untuk keduanya – karena di Piala AFF U-19 kemarin, keduanya pernah dipertemukan di matchday pertama grup A. Saat itu, Timnas Vietnam bermain imbang 0 – 0 dengan Indonesia. Bedanya, Vietnam berhasil lolos hingga babak semifinal (Piala AFF U-19) sedangkan Indonesia gugur karena finis di posisi ketiga.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid