Timnas Indonesia

Indra Sjafri Persilakan Shin Tae-yong Tarik Pemainnya ke Timnas U-23



NOBARTV NEWS – Pelatih U-20 Indra Sjafri dengan senang hati mempersilakan Shin Tae-yong untuk mengambil pemainnya jika memang ada yang dianggapnya berkualitas.

Seperti yang diketahui, pada tahun lalu, PSSI resmi membagi tugas dalam kepemimpinan beberapa kelompok umur di Timnas Indonesia. Shin Tae-yong ditugaskan sebagai pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23. Sedangkan Timnas Indonesia U-20 yang sebelumnya dipegang oleh Shin – kini diambil-alih oleh Indra Sjafri.

Kedua pelatih tersebut memiliki standar penilaian sendiri dari PSSI selaku Federasi Sepakbola tertinggi di Indonesia. Untuk Shin Tae-yong, pria asal Korea Selatan itu diminta untuk meloloskan dua kelompok umur Timnas Indonesia ke fase knock-out dalam dua even berbeda. Dua even tersebut adalah Piala Asia 2023 dan 2024.

Sejauh ini, satu dari dua target tersebut sudah dipenuhi oleh Shin Tae-yong. Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meskipun pada akhirnya mereka gugur di fase tersebut. Kini, tinggal Piala Asia U-23 2024 yang menjadi tantangan baru bagi eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Adapun Indra Sjafri, meskipun dirinya ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20 beberapa bulan ini, namun target yang diberikan kepadanya tak kalah penting. Indra diminta untuk meloloskan skuad Garuda muda ke even akbar 2025 yang akan digelar di Chili.

Walaupun target tersebut masih jauh dari jadwal, namun sejak tahun lalu dan sampai saat ini Indra sudah mempersiapkan skuadnya. Tahun lalu skuad Garuda muda mengikuti pemusatan latihan di Aspire Academy di Qatar. Adapun pada bulan Januari hingga Februari ini, Indra memimpin Arkhan Kaka dkk dalam pemusatan latihan di Jakarta. Bahkan mereka juga telah melakukan beberapa laga uji coba yang salah duanya adalah melawan Timnas Uzbekistan U-20 dan Thailand U-20.

Menariknya, dalam keterangannya baru-baru ini, Indra Sjafri menyebut dirinya sangat ikhlas jika pemainnya di skuad Garuda muda dipanggil untuk memperkuat tim yang lebih senior. Terlebih, di waktu dekat ini, Shin akan kembali membesut Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23 2024. Jika di even tersebut Shin menginginkan beberapa pemain dari Timnas Indonesia U-20, Indra dengan senang hati akan melepasnya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Indra Sjafri Persilakan Shin Tae-yong Tarik Pemainnya ke Timnas U-23
Pemain Timnas Indonesia U-20 jelang laga kontra Thailand (sumber: Instagram @timnas.indonesia)

“Kalau pertanyaannya ada pemain yang dipanggil di (Indonesia) U-23, ya, pasti senanglah. Saya pelatih Indonesia U-20, jika ada pemain dipanggil bahkan ke (Timnas Indonesia) senior pun pasti saya dukung,” kata Indra Sjafri.

“Makanya, antara pelatih senior, U-23, U-20, U-17 ‘kan kami sejalan semua. Tidak ada masalah. Memang tujuan dari pembinaan adalah untuk tim senior,” ujar sang pelatih lagi.

“Kalau dia (seorang pemain) usianya 16 tahun menurut pelatih senior dia punya kapasitas dan perlu dipanggil (ke timnas), ya, kita lepas dong. Tidak ada masalah di situ,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *