Timnas Indonesia

TV Korea Selatan Tayangkan Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Salah satu stasiun televisi Korea Selatan dikabarkan akan menyiarkan laga 2022. Hal ini tak lain karena tiga pelatih tim nasional di Piala AFF 2022 berasal dari negeri ginseng Korea.

Diketahui, Park Hang-seo menjadi pelatih pertama asal Korea Selatan yang mendatangi Asia Tenggara dalam kurun beberapa tahun terakhir. Semenjak saat itu, Park menorehkan catatan yang sangat positif. Ia berhasil mengubah kualitas sepak bola Vietnam – meski tanpa pemain abroad. Namun sayang, pertahun depan, Park tidak akan menangani Timnas Vietnam lagi setelah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya. VFF selaku federasi sepak bola Vietnam sudah menawarinya namun Park menolaknya.

Pada tahun 2020, eks pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong menyusulnya. Piala AFF 2022 merupakan turnamen kedua yang diikutinya di ajang yang sama. Shin juga pernah menangani di Piala AFF 2020. Sayang, di edisi tersebut, Timnas Indonesia hanya mampu meraih peringkat kedua setelah kalah dari Timnas Thailand di partai final.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Pelatih ketiga asal Korea Selatan yang akhirnya menyusul dua nama tadi adalah Kim Pan-gon. Kim kini membesut Timnas Malaysia. Piala AFF 2022 merupakan even pertama yang ia tangani di level serupa.

Kehadiran ketiga pelatih tim nasional yang berasal dari negara yang sama itu pun membuat negara asalnya memutuskan untuk menyiarkan laga-laga yang akan dibesutnya. Selain karena ketiganya merupakan pelatih berkualitas, stasiun televisi Korea tersebut juga memiliki alasan tersendiri yang tak lain adalah meraih untung dari penayangan itu.

Sayang, satu di antara ketiga pelatih tersebut tidak akan berjumpa di fase grup. Adalah Shin Tae-yong, tim yang dibesutnya yakni Timnas Indonesia tergabung di grup yang berbeda. Skuad Garuda Indonesia berada di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Sedangkan Timnas Vietnam dan Malaysia, keduanya berada di grup B dengan Timnas Laos, Singapura, dan Myanmar.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Adapun stasiun televisi Korea Selatan yang akan menyiarkan laga Piala AFF 2022 ini adalah SBS (Seoul Broadcasting Sports). Menariknya, SBS tidak hanya menyiarkan laga tersebut lewat tayangan televisi saja, melainkan akan menyiarkannya lewat kanal youtube-nya.

Namun untuk diketahui, hal ini bukan pertama kali dilakukan oleh SBS. Ketika Park Hang-seo datang ke Korea Selatan, mereka juga menayangkan pertandingan yang dibesut olehnya. Berlanjut ketika Piala AFF 2020 di mana Shin Tae-yong dan Park Hang-seo berduel dalam laga Indonesia vs Vietnam. Dan kini, kehadiran pelatih Malaysia Kim Pan-gon lagi-lagi membuat SBS mantap untuk menayangkan seluruh laga yang ditukangi oleh tiga pelatih asal Korea Selatan itu.

Jadi, hanya pertandingan yang ditangani oleh ke-tiganya saja yang disiarkan SBS. Selain itu, laga yang tidak ada ketiga pelatih tersebut, SBS tidak akan menyiarkannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

98 Comments