Timnas Indonesia

Update Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023: Timnas Indonesia dalam Bahaya!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Persaingan untuk memperebutkan posisi ketiga terbaik di fase grup Piala Asia 2023 semakin sengit. Posisi kini terancam setelah beberapa pertandingan yang dimainkan semalam.

Sebagaimana diketahui, di Piala Asia 2023 ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memasang target mutlak untuk Timnas Indonesia yakni lolos ke babak 16 besar. Target tersebut juga sudah ditekankan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir berulang kali. Untuk mencapai target itu pun tak mudah. Ada beberapa strategi dan tolak ukur tersendiri yang membuat peluang Timnas Indonesia mencapai babak tersebut terbuka lebar.

Di Piala Asia 2023 ini, Marc Anthony Klok dkk tergabung dalam grup D bersama Timnas Irak, Timnas Jepang, dan Timnas Vietnam. Melihat komposisi tim-tim tersebut, maka Shin sudah tahu dan memberikan tolak ukur sejauh mana kemampuan skuad Garuda untuk melawan ketiganya. Shin dalam keterangannya beberapa waktu lalu menyebut Timnas Indonesia ditargetkan meraih satu kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kali menelan kekalahan. Dengan tolak ukurnya itu, maka langkah Timnas Indonesia untuk mencapai babak 16 besar lebih terbuka lebar.

Dan kini, setelah dua pertandingan awal yang dimainkan oleh skuad Garuda, target tersebut berjalan cukup baik. Skuad Garuda baru meraih satu kali hasil imbang dan satu kali menelan kekalahan. Berarti tinggal satu pertandingan lagi yang harus dimainkan mereka dengan target bermain imbang.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Di laga melawan Irak, Timnas Vietnam dipermalukan dengan skor akhir 3-1. Adapun di laga kontra Vietnam, skuad asuhan Shin Tae-yong itu berhasil menang dengan skor tipis 1-0. Dan kini, di laga melawan Jepang pada laga pamungkas grup D, Elkan Baggott dkk diwajibkan untuk setidaknya bermain imbang demi harapan lolos ke fase 16 besar. Sebab jika hasil imbang tersebut berhasil dicapainya, maka peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar akam lebih menjanjikan. Hasil imbang ini sendiri membuat Timnas Indonesia berpeluang lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Ya, dari 16 tim yang nantinya dipastikan lolos ke babak 16 besar, empat di antara tim tersebut merupakan peringkat ketiga terbaik. Jadi, bukan hanya juara atau runner-up grup saja yang memastikan dirinya lolos ke fase tersebut. Namun ada empat peringkat tiga terbaik dari enam grup tersebut yang akan melangkah ke fase itu.

Jordi Amat di laga Indonesia vs Vietnam (sumber: Instagram @afcasiancup)
Jordi Amat di laga Indonesia vs Vietnam (sumber: Instagram @afcasiancup)
Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kemarin, pasca kemenangan Indonesia atas Vietnam, posisi skuad Garuda sebagai peringkat tiga terbaik berada di paling atas. Dengan poin 3 yang didapatkannya, Indonesia unggul atas beberapa tim lainnya.

Tapi sayangnya, posisi tersebut kini sudah diambil alih oleh Timnas Bahrain yang diketahui baru saja mengalahkan Malaysia 1-0. Bahkan, bukan cuma itu saja, posisi Timnas Indonesia juga semakin terancam dengan hasil dari pertandingan lain. Misalkan Oman yang berada di grup lain pada laga pamungkas menang, maka posisi Indonesia jelas semakin terancam. Begitupun dengan laga-laga yang dimainkan oleh beberapa tim yang kini menduduki peringkat ketiga klasemen sementara di grupnya masing-masing. Namun kekhwatiran itu bisa sirna – jika di laga terakhir nanti Timnas Indonesia berhasil mengalahkan sang raksasa Asia Jepang.

Berikut peringkat tiga terbaik sementara Piala Asia 2023:

1. Bahrain (Main 2) (Menang 1) (Seri 0) (Kalah 1) (Poin 3)

2. Indonesia (Main 2) (Menang 1) (Seri 0) (Kalah 1) (Poin 3)

3. Suriah (Main 2) (Menang 0) (Seri 1) (Kalah 1) (Poin 1)

4. Tajikistan (Main 2) (Menang 0) (Seri 1) (Kalah 1) (Poin 1)

5. Palestina (Main 2) (Menang 0) (Seri 1) (Kalah 1) (Poin 1)

6. Oman (Main 2) (Menang 0) (Seri 1) (Kalah 1) (Poin 1)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid