Timnas Indonesia

Rafael Struick Ingin Debut, Begini Kata Shin Tae-yong



NOBARTV NEWS – Pemain keturunan sekaligus naturalisasi Rafael Struick berhadap menjalani debutnya dengan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni ini. Pelatih skuad Garuda Shin Tae-yong angkat suara terkait kemungkinan tersebut.

Seperti yang diketahui, Rafael Struick merupakan satu dari beberapa pemain naturalisasi sekaligus abroad yang mendapatkan panggilan di TC Timnas Indonesia kali ini. Dalam daftar pemain naturalisasi, ia menjadi satu di antara tujuh pemain lainnya seperti Marc Klok, Stefano Lilipaly, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar Jenner, dan dirinya sendiri.

Sementara itu, sebagai pemain abroad, ia juga masuk dalam daftar 10 pemain skuad Garuda yang berkarier di luar negeri. Selain dirinya yang diketahui bermain untuk klub divisi kedua ADO Den Haag, adapula pemain lainnya seperti Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), Ivar Jenner (FC Utrecht U-21), Elkan Baggott (Ipswich Town), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK) dan terakhir Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Terpanggilnya dirinya ke Timnas Indonesia pun cukup mengejutkan. Pasalnya, di usianya yang masih sangat belia – bahkan tak lama setelah ia diresmikan sebagai WNI, Shin Tae-yong langsung memasukkan namanya ke daftar 26 pemain yang diminta untuk mengikuti TC tersebut. Dimasukkan namanya ke skuad persiapan Timnas Indonesia itu jelas menandakan bahwa ia mendapat perhatian dari sang pelatih.

Oleh sebab itu, Rafael beberapa waktu lalu menyebut dirinya bakal memberikan penampilan terbaiknya sepanjang pemusatan latihan ini – dengan harapan mendapatkan menit bermain di laga melawan Palestina dan Argentina nanti.

“Saya berharap bisa dapat menit bermain saat bertanding nanti. Semoga melalui training ini bisa kemampuan saya adaptasi terlihat,” kata Rafael Struick.

“Saya akan memberikan segalanya seratus persen di setiap latihan. Kita akan lihat nanti hasilnya seperti apa,” ujarnya memungkasi.

Adapun Shin, terkait kehadiran Rafael Struick dan beberapa pemain debutan seperti Ivar Jenner, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama, sang pelatih meminta kepada mereka untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ia berharap keempatnya bisa berkembang di FIFA Matchday kali ini.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Pastinya saya tidak bisa menilai apa-apa terhadap pemain seperti apa,” kata Shin Tae-yong.

“Tetapi saya hanya menilai pemain tersebut bisa ke timnas Indonesia senior karena tingkat dia sudah segitu,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

“Melalui FIFA matchday kali ini saya berharap pemain-pemain tersebut bisa berkembang lebih dari sekarang,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid