Timnas Indonesia

Erick Thohir Berencana Bikin Turnamen Sepakbola antar Negara Muslim

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kemarin, Ketua Umum PSSI Erick Thohir beserta beberapa petinggi melakukan sebuah konferensi pers. Di sesi konferensi pers tersebut, Erick menyampaikan keinginannya untuk membuat turnamen sepakbola yang diikuti oleh negara muslim.

Sebagaimana diketahui, sejak menjabat sebagai Ketua Umum PSSI lewat Kongres Luar Biasa (KLB) Pebruari lalu, Erick sudah melakukan banyak sekali perubahan di tubuh organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia itu.

Dimulai dari diauditnya PSSI dan PT LIB, lalu diadakannya VAR di tengah kompetisi (Liga 1 2023-2024), memperbaiki kualitas wasit dengan melakukan seleksi yang dipantau langsung oleh FIFA, menetapkan batas maksimal gaji pemain, hingga terbaru mendatangkan tim sekelas Argentina di sebuah uji coba bertaraf internasional.

Namun ternyata, kerja-kerja dan terobosan terbaru dari Erick Thohir belum selesai sampai di situ saja. Setelah melakukan kerjasama dengan JFA (Federasi Sepakbola Jepang) dan DFB (Federasi Sepakbola Jerman), kini PSSI melalui Erick Thohir kemarin menyebut pihaknya berencana untuk membuat turnamen sepakbola antar negara muslim. Jika ditelaah lebih dalam, jika patokannya adalah negara ‘muslim,' maka bisa mayoritas negara yang akan turut serta adalah tim-tim asal timur tengah.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Hanya beberapa negara di luar timur tengah yang masuk dalam negara muslim. Seperti Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam untuk daerah Asia Tenggara. Sedangkan untuk wilayah Afrika, beberapa di antaranya adalah Maroko, Senegal, hingga Mesir.

Erick mengaku terpikirkan untuk membuat turnamen ini ketika Timnas Palestina datang ke tanah air beberapa waktu lalu. Ya, pada 14 Juni kemarin, skuad Palestina bertemu dengan dalam ajang FIFA Matchday Juni 2023. Dalam rombongan skuad Palestina tersebut, turut pula Wakil Presiden PFA (Federasi Sepakbola Palestina) Susan Shalabi. Erick dan Susan sempat berbincang dan sepakat untuk membuat turnamen tersebut.

“Sebelum pertandingan melawan Palestina, saya dan Wakil Presiden PSSI-nya Palestina, Susan Shalabi Molano berdiskusi untuk membuat turnamen antar negara muslim,” kata Erick Thohir dalam sesi konferensi pers kemarin.

Lebih lanjut, kata Erick Thohir lagi, turnamen tersebut dibuat untuk mempererat silaturahmi antar sesama negara muslim. Namun sejauh ini, rencananya tersebut masih sebatas ‘rahasia' – dalam artian ini masih dalam tahap wacana dan belum sampai ke perumusan dan lainnya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Harapan kami tentunya dengan sepak bola, bisa menjalin silaturahmi sekaligus memperkuat persaudaraan antara negara muslim. Tapi semuanya masih rahasia,” ujarnya menambahkan.

Namun ternyata, rencana Erick ini tak akan mengikutsertakan banyak tim. Melainkan hanya beberapa yang kemungkinan cuma empat tim yang akan turut berpartisipasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid