Timnas Indonesia

Catat! Berikut Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di SEA Games 2021



Catat! Berikut Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di SEA Games 2021
dalam salah satu uji coba di Korea Selatan, kemarin

NOBARTV NEWS – Timnas U-23 akan melakoni laga perdananya (SEA Games 2021) pada Jum'at mendatang. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu akan memulai laga perdananya melawan tim terberat di grup A yakni Timnas Vietnam. Selain berstatus sebagai tim terkuat dan tuan rumah, Vietnam juga berstatus sebagai juara bertahan.

Pada mulanya, Shin Tae-Yong telah memanggil 29 pemain yang akan mengikuti Pelatnas jelang SEA Games 2021. Namun, beberapa di antaranya absen karena terkendala izin klub. Dua pemain yang dipastikan tidak dapat bergabung dengan Timnas Indonesia adalah Elkan Baggott dan Pratama Arhan.

Elkan masih dibutuhkan oleh timnya (Ipswich Town) dikarenakan beberapa waktu lalu ia resmi promosi ke tim senior. Elkan juga menjadi pemain Indonesia pertama yang mencetak sejarah dengan tampil di sepakbola profesional Inggris.

Untuk Arhan, sang pemain mengakui dirinya tidak ingin bergabung dulu – dikarenakan ia ingin mendapatkan menit bermain bersama klubnya, Tokyo Verdy.

Sedangkan untuk 3 pemain abroad lainnya seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam dipastikan bergabung bersama Timnas Indonesia. Meski belum mengakhiri laga di , Egy dan Witan dipastikan masuk ke skuad SEA Games mendatang. Bahkan keduanya diinformasikan telah berada di tanah air.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Carut-marut keuangan FK senica membuat beberapa pemainnya termasuk Egy dan Witan memutuskan untuk pergi meninggalkan klub meski kompetisi masih berjalan. Sedangkan untuk Asnawi Mangkualam, dirinya mengaku akan meminta izin kepada manajer klub yakni Cho Min-kook agar diizinkan untuk meninggalkan klub berjuluk The Green Wolves itu.

Kabar baik lainnya datang dari Malaysia. Saddil Ramdani yang sebelumnya diisukan tidak dapat tampil di SEA Games ini pada akhirnya diberi izin oleh klubnya, Sabah FC. Namun, Sabah hanya mengizinkan Saddil tampil di satu laga SEA Games ketika berhadapan dengan Timnas Vietnam. Sedangkan di tiga laga sisanya, ketika menghadapi Myanmar, Timor Leste, dan Filipina, ia diminta untuk kembali ke klub karena saat itu Sabah akan menjalani laga penting yakni Malaysia. Saddil baru bisa bergabung ‘lagi' jika Timnas Indonesia tembus ke partai semifinal atau final.

Sedangkan untuk Ramai Rumakiek, pemain yang sempat diisukan mangkir dari panggilan Timnas ini tengah berada di Jakarta. Ia disambut oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Berdasarkan info dari Iriawan, Ramai Rumakiek akan mendapatkan perawatan intensif dan sedang diupayakan agar bisa mengikuti teman-temannya ke SEA Games mendatang.

Meski namanya (Rumakiek) telah dicoret oleh Shin Tae-Yong, bukan tidak mungkin jika ada pemulihan nama untuk dirinya.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Di SEA Games 2021 ini, panitia telah menetapkan bahwasanya hanya 20 pemain yang diperbolehkan untuk turut serta dalam turnamen SEA Games cabang sepak bola putra. Tiga di antaranya diperbolehkan berusia diatas 23 tahun. Jika tidak, panitia juga tidak mempermasalahkannya.

Di Timnas U-23 saat ini, terdapat 4 pemain senior yang berusia diatas 23 tahun. Mereka adalah Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Marc Klok, dan Fachrudin Aryanto. Namun belum dipastikan siapa saja yang akan dicoret atau siapa saja yang akan bertahan mengikuti Timnas U-23 ke Vietnam.

Lima pemain U-19 juga dipromosikan oleh Shin Tae-Yong untuk mengikuti Pelatnas U-23 di Korea Selatan kemarin. Namun yang pasti, di antara banyaknya pemain di skuad Timnas U-23 saat ini, hanya 20 nama yang akan diikutsertakan.

Besar harapan Timnas U-23 mendapatkan juara pada tahun ini – mengingat pada tahun sebelumnya atau event SEA Games sebelumnya, Timnas Indonesia hanya meraih posisi runner-up.

Adapun jadwal Timnas U-23 di SEA Games 2021 ini akan disiarkan secara langsung di TV swasta, RCTI. Berikut jadwal lengkapnya :

Indonesia vs Vietnam
(Jumat, 6 Mei 2022 – 18.15 WIB)

Indonesia vs Timor Leste
(Selasa, 10 Mei 2022 – 18.15 WIB)

Indonesia vs Filipina
(Jumat 13 Mei 2022 – 15.15 WIB)

Indonesia vs Myanmar
(Minggu, 15 Mei 2022 – 15.15 WIB)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid