Kualifikasi Piala Asia 2023

Tidak Ada Nama Indonesia! Berikut 5 Perwakilan Negara AFF di Piala Asia U-17 2023



NOBARTV NEWS U-17 dipastikan gagal menginjakkan kakinya di putaran final Piala Asia U-17 2023. Hal itu dipastikan usai skuad Garuda Asia kalah dari Malaysia dan gagal menjadi salah runner-up terbaik. Tanpa kehadiran Indonesia, AFF atau Asia Tenggara bakal mengirimkan lima perwakilannya di event tersebut.

1. Australia U-17

Sama seperti U-16 yang diikuti oleh Australia, di Kualifikasi Piala Asia U-17 ini Australia termasuk dalam sub konfederasi AFF juga. Tim muda Australia melaju ke Piala Asia U-17 setelah menjadi juara grup G dengan mengemas 3 kali kemenangan atas lawan-lawannya.

Kegagalan Australia di Piala AFF U-16 kemarin berhasil direspon baik olehnya. Di Kualifikasi Piala Asia U-17 ini, mereka menang atas China, Kamboja, dan Kepulauan Mariana Utara.

2. Vietnam U-17

Tergabung di grup F bersama Thailand, China Taipei, dan Nepal, The Young Golden Stars sukses mencetak tiga kemenangan beruntun. Di laga terakhir kontra Thailand, Timnas Vietnam U-17 sukses melumat Tim Gajah Perang muda dengan skor telak 3-0.

Cetak 12 gol tanpa pernah kebobolan, tim muda Vietnam menjadi negara kedua asal Asia Tenggara yang dipastikan lolos ke Piala Asia U-17 2023.

3. Malaysia U-17

Anak asuh Osmera bin Omaro ini tampil kurang meyakinkan ketika berjumpa Guam di matchday ke-duanya di grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pasalnya mereka hanya meraih hasil imbang atas tim terlemah di grup tersebut. Sedangkan Garuda Asia di laga melawan Guam sukses memasukkan 14 gol tanpa balas.

Namun kejutan berbeda ditampilkan oleh Harimau Malaya muda. Melawan Timnas Indonesia di matchday terakhir, mereka sukses memenangkan laga dengan skor telak 5-1. Kemenangan tersebut juga membuat Indonesia gagal melangkah ke babak berikutnya.

Di grup ini, selain tergabung dengan Timnas Indonesia, Harimau Malaya muda juga segrup dengan Timnas Guam U-17, UEA U-17, dan Palestina U-17.

4. Thailand U-17

Meski hanya menempati posisi kedua di bawah Vietnam (grup F), namun Thailand menjadi satu dari enam tim yang berposisi sebagai runner-up yang berhak melaju ke Piala Asia U-17. Dari total 10 runner-up, Thailand menempati posisi ke-5 deretan posisi kedua terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

5. Laos U-17

Tidak ada yang menyangka bahwa Laos menjadi tim yang akan mewakili Asia Tenggara di Piala Asia U-17 2023. Sama seperti Thailand, Laos juga menjadi salah satu runner-up terbaik di Kualifikasi Piala Asia U-17.

Tergabung di grup I bersama Iran, Hongkong, dan Kyrgyzstan, Laos hanya kalah dari tim terkuat Iran. Di dua laga lainnya, Laos sukses melumat Hongkong dan Kyrgyzstan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments