Timnas Indonesia

Media Vietnam Sindir Indonesia Pakai Pemain Keturunan di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Media Vietnam menyindir yang akan menggunakan pemain keturunan untuk 2023.

Seperti yang diketahui, dari 34 pemain yang diminta untuk bergabung dengan pemusatan latihan Timnas U-17, 6 di antaranya merupakan pemain keturunan. Ke-34 pemain tersebut diumumkan PSSI pada Senin 10 Juli kemarin untuk mengikuti TC sebagai persiapan mereka jelang tampil di ajang Piala Dunia U-17 2023.

Jadi, beberapa waktu lalu, FIFA lewat laman resminya telah mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk even bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Pengumuman tersebut disampaikan FIFA tak lebih dari enam bulan jelang kompetisi tersebut berlangsung. Pada 23 Juni kemarin, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 menggantikan posisi Peru.

Awalnya, negara asal Amerika Latin itu diminta sebagai tuan rumah. Sayangnya, Peru pada tahun ini dilanda berbagai masalah di dalam negeri. Peru dihantam krisis ekonomi hingga bencana alam sehingga membuat mereka gagal menjadi tuan rumah. Atas alasan itulah FIFA akhirnya menunjuk Indonesia.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Begitu terpilih sebagai tuan rumah, Indonesia langsung menyiapkan diri. Salah satunya adalah dengan mencari sebanyak mungkin pemain keturunan atau diaspora. Tugas tersebut dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Kemenpora yang dipimpin oleh Dito Ariotedjo melakukan penjajakan kepada banyak pemain keturunan di luar negri. Dari data yang didapat Kemenpora, terdapat 30 pemain yang diketahui memiliki garis keturunan Indonesia dan saat ini berada di luar negeri. Nama-nama ke-30 pemain itu juga sudah diserahkan kepada PSSI.

Akan tetapi, dari 30 nama pemain yang diserahkan Kemenpora itu, hanya 6 pemain yang dipanggil PSSI untuk mengikuti TC. 6 pemain tersebut adalah Welber Halim Jardim (Sao Paulo FC), Aaron Nathan Ang (FC Nottingen), Mahesa Ekayanto (FC Dordrecht), Madrid Augusta (AFC'34 Alkmaar), Staffan Qabiel (Akademi Sant Cugat), dan Aaron Suitela (Bulleen Lions FC).

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

Pemanggilan pemain keturunan tersebut pun mendapatkan respons dari media asal Vietnam The Thao 247. Media tersebut menyindir keberadaan para pemain keturunan di skuad Garuda Asia.

“Indonesia memanggil sederet pemain asing untuk mengikuti Piala Dunia U-17,” tulis The Thao 247 dalam judul artikelnya.

Dalam artikel yang dimuat, The Thao 247 menyoroti gagalnya Timnas Indonesia U-17 lolos ke Piala Asia U-17 namun mereka bisa main di Piala Dunia U-17 lewat jalur kualifikasi.

“Meski tidak lolos, Indonesia U-17 di luar dugaan masih bisa mengikuti putaran final Piala Dunia U-17 2023 karena menjadi tuan rumah. Timnas U-17 Indonesia langsung lolos ke babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 dan berada di pot unggulan,” tulis The Thao 247 dalam pemberitaannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment