Timnas Indonesia

Media Vietnam Remehkan Timnas Indonesia : Kami Terbiasa Menang atas Skuad Garuda

TOPIK BERITA :


Media Vietnam Remehkan Timnas Indonesia : Kami Terbiasa Menang atas Skuad Garuda
Indonesia Vs Vietnam di SEA Games 2021

NOBARTV NEWS – Jika Indonesia memenangkan persaingan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, maka skuad Garuda akan terhindar bertemu dengan tim kuat di Asia. Indonesia bahkan memiliki peluang untuk bertemu dengan pesaingnya di Asia Tenggara yakni Vietnam. Akan tetapi, jauh-jauh hari, media asal Vietnam mengklaim timnya akan menang mudah jika keduanya ditakdirkan bertemu di fase grup Piala Asia 2023.

Dalam setiap event sepak bola, tuan rumah selalu mendapatkan hak istimewa seperti yang disebutkan tadi. Termasuk pula dengan yang akan dihelat dalam waktu dekat ini. Dengan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar masuk dalam pot 1 bersamaan dengan tim kuat seperti Belgia hingga Brasil. Sehingga, di fase grup nanti, Qatar tidak akan dipertemukan dengan tim-tim yang satu pot dengannya.

Dan benar, Qatar akhirnya tidak bertemu dengan tim-tim tersebut. Tergabung di grup A, Qatar berjumpa dengan beberapa tim dari pot 2 dan seterusnya seperti Timnas Senegal, Ecuador, dan Belanda. Langkah inilah yang diinginkan oleh PSSI agar Indonesia tidak memiliki peluang bertemu dengan tim kuat di fase grup Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Namun, Indonesia bukannya tanpa hambatan. Tiga negara raksasa seperti Qatar, Korea Selatan, dan Australia juga bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia.

Berhubung saat ini Indonesia berada di pot 4 – dan jika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah, maka secara otomatis tim-tim yang sudah diprediksi tergabung di pot yang sama akan mengalami sedikit perubahan.

Sebagai contoh, di pot 1 sudah ada Timnas Australia, Jepang, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan Iran. Dalam pot tersebut, Qatar menjadi tim dengan peringkat terendah di rangking FIFA.

Jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah, maka peringkat terbawah yakni Qatar harus rela turun ke pot 2. Begitupula dengan peringkat terakhir di pot 2 harus ikhlas turun ke pot yang lebih bawah (3).

Untuk diketahui, Timnas Vietnam menjadi tim dengan posisi terendah di pot 2. Dengan demikian, sudah bisa dipastikan skuad asuhan Park Hang-Seo itu harus turun ke pot ke-tiga jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Intinya, tuan rumah menguntungkan bagi Indonesia dan merugikan Timnas Vietnam. Keduanya pun memiliki peluang untuk bertemu di fase grup nanti karena keduanya berada di pot yang berbeda namun dengan syarat pembagian grup tidak terbatas pada regional.

Salah satu media asal Vietnam, bongda.com meremehkan skuad Garuda Nusantara jika nanti keduanya bertemu di fase grup Piala Asia. Media tersebut menyebut Timnas Vietnam akan menang mudah karena sudah terbiasa menang atas .

“Jika pembagian tidak mengikat regional, Vietnam bisa diuntungkan. Jika beruntung, kami berada di grup yang sama dengan Indonesia,” rilis bongda.com

Lebih lanjut, bongda.com menyebut timnya akan menang mudah atas skuad asuhan Shin Tae-Yong itu.

“Dengan perwakilan yang lebih lemah di pot 4, peluang Golden Star Warriors untuk maju ke babak penyisihan cukup cerah. Kami sering menang melawan tim Garuda dan para pesaing lain dari Asia Tenggara,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid