Piala AFF

9 Bek Terbaik di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Kirim 2 Nama!



NOBARTV NEWS – AFF baru saja merilis daftar bek terbaik 2022. Rilis tersebut AFF lakukan beberapa hari usai laga final yang mempertemukan Timnas Thailand dan Vietnam. Dalam daftar tersebut, dua bek masuk ke deretan 9 bek terbaik turnamen dua tahunan itu.

Siapa saja ke-9 bek tersebut? Berikut daftarnya!

1. Jordi Amat (Timnas Indonesia)

Dalam 6 pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kemarin, Amat turun dalam 4 pertandingan. Sepanjang 4 pertandingan itu, ia diturunkan sejak menit pertama dan tak pernah tergantikan. Total, eks pemain KAS Eupen itu bermain selama 360 menit.

2. Kritsada Kaman (Timnas Thailand)

Kritsada Kaman menjadi benteng yang tak tergantikan dari skuad Thailand. Sejak matchday pertama hingga leg kedua final Piala AFF 2022, Kritsada selalu dimainkan oleh sang pelatih Alexander ‘Mano' Polking.

Pemain Chonburi FC itu bermain dalam 8 pertandingan dan selalu bermain penuh selama 90 menit.

3. Asnawi Mangkualam Bahar (Timnas Indonesia)

Tidak seperti Jordi Amat, bek sayap Timnas Indonesia Asnawi selalu dimainkan STY sepanjang keikutsertaan skuad Garuda di Piala AFF tersebut. Hanya saja, tak seluruh laga dimainkan Asnawi secara penuh.

Eks pemain PSM Makassar itu hanya main penuh ketika melawan Thailand, Filipina, dan Vietnam pada leg pertama semifinal di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Adapun di laga lainnya, ia main sejak awal namun digantikan oleh pemain lainnya di tengah pertandingan.

4. Doan Van Hau (Timnas Vietnam)

Bek tengil Vietnam Doan Van Hau menjadi salah satu pemain yang paling disorot di Piala AFF 2022 kemarin. Terlepas dari kontroversi yang ia lakukan, Van Hau sukses menjadi salah satu bek terbaik di even dua tahunan itu.

Van Hau mencetak satu gol dan dua assist dari tujuh pertandingan di Piala AFF 2022.

5. Irfan Fandi (Timnas Singapura)

Meski Timnas Singapura tak lolos ke babak semifinal, namun bek mereka Irfan Fandi masuk sebagai salah satu bek terbaik. Bek dengan tinggi 1,86 meter itu telah bermain sepanjang 3 pertandingan fase grup dan selalu main penuh.

Ia hanya tak dimainkan di laga perdana melawan Myanmar karena akumulasi kartu merah. Kartu merah itu ia dapatkan ketika berlaga di babak semifinal Piala AFF edisi sebelumnya (2020) melawan Timnas Indonesia. Adapun di Piala AFF kemarin, Irfan berhasil mencetak satu gol.

6. Sasalak Haiprakhon (Timnas Thailand)

Selain Kritsada Kaman, Thailand juga memiliki bek sayap yang enerjik dan menjadi andalan bagi tim berjuluk Gajah Perang itu. Sasalak juga selalu dimainkan oleh Mano Polking. Total, dari 8 pertandingan yang ia lakoni di Piala AFF, bek Buriram United ini telah membukukan 2 assist.

7. Sharul Nazeem (Timnas Malaysia)

Bek tengah Selangor FC dan Timnas Malaysia Sharul Nazeem tampil memukau sepanjang Piala AFF 2022. Ia selalu dimasukkan sebagai starting line up oleh sang pelatih Kim Pan-gon.

8. Sambath Tes (Timnas Kamboja)

Bek Kamboja Sambath Tes menjadi nama terakhir yang masuk dalam daftar ini. Meski Kamboja gagal lolos ke babak semifinal, namun penampilan bek tengah Visakha FC itu tuai banyak pujian. Dari empat pertandingan fase grup, Sambath telah mencetak satu assist. Satu-satunya assist tersebut ia torehkan ketika Kamboja jumpa Brunei Darussalam.

9. Ngoc Hai Que (Timnas Vietnam)

Ngoc Hai Que tampil dalam 7 pertandingan sepanjang Piala AFF 2022. Dalam tujuh pertandingan itu, ia selalu bermain penuh selama 90 menit. Bek tengah Song Lam Nghe An FC itu mencetak satu gol dan satu assist.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments