Timnas Indonesia

Nova Arianto Soal Rencana Pemunduran Diri STY: Kami Pastikan Itu Tanpa Tekanan



NOBARTV NEWS – Publik sepak bola Indonesia sempat dibuat bingung dengan unggahan STY yang memihak kepada Ketua Umum PSSI ketika ia diminta turun dari jabatannya. Keberpihakan itu Shin Tae-yong ungkapkan lewat unggahan panjang di akun media sosial instagramnya.

Sebelumnya, dua nama besar secara terang-terangan membela Shin. Dua orang tersebut adalah Ahmad Riyadh selaku Ketua Tim Investigasi PSSI dan anggota Exco. Selain Riyadh, Agum Gumelar juga diketahui membela Iriawan. Agum merupakan Dewan Pembina PSSI sekaligus mantan ketua PSSI.

Dengan dukungan dua pihak tersebut, publik sepakbola Indonesia merasa biasa saja. Namun sangat aneh ketika yang membela justru pelatih itu sendiri. Terlebih, pembelaan yang dilakukan Shin bukan sembarangan. Ia siap meletakkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia jika Iriawan mundur dari kursi kepemimpinan PSSI.

Publik pun terbelah. Sebagai bentuk kekecewaan atas pernyataan STY, netizen menggaungkan tagar #STYOut. Di samping itu, para pembela Shin juga berlomba-lomba dengan ramai-ramai membalasnya dengan tagar #STYStay. Tidak selesai sampai di situ, pemain Timnas Indonesia juga ikut bicara. Asnawi Mangkualam Bahar, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, hingga Elkan Baggott turut memberikan dukungannya dalam unggahan Shin tersebut. Berarti, bisa dipastikan bahwa nama-nama pemain tersebut satu suara dengan STY untuk mendukung Mochamad Iriawan.

Asnawi bahkan blak-blakan menyebut bahwa Iriawan adalah Ketua Umum PSSI terbaik sepanjang ia menjadi pemain Timnas Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun ini.

Banyak netizen kemudian menduga bahwa mereka (STY dan pemain Timnas) mendapatkan semacam suruhan untuk mengemukakan pendapatnya tersebut. Akan tetapi, Nova Arianto, eks pemain Timnas Indonesia dan juga asisten pelatih STY justru menepis dugaan tersebut.

“Pernyataan pelatih kepala kami (Shin Tae-yong) kami pastinya banyak pro dan kontra. Kami sangat bisa memahaminya tapi tanpa mengurangi rasa hormat dan melepaskan rasa kemanusiaan atas kejadian tersebut, kami memastikan itu semua tanpa tekanan dan keluar dari hati paling dalam head coach kami,” jelas Nova Arianto melalui instagram pribadinya.

Berdasarkan pengakuannya, Nova menjelaskan bahwa sejak ia menjadi pemain sampai menjadi asisten Timnas Indonesia, di era Shin Tae-yong lah pelatih lebih diistimewakan. Bahkan beberapa kali STY meminta untuk TC di luar negeri, permintaan itu selalu dikabulkan oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

“Termasuk TC di luar negeri semua bisa berjalan dengan baik. Kami mengapresiasi kerja PSSI terlepas kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yg sangat membantu atas berjalannya TC. Walau jujur masih ada beberapa kekurangan tapi semuanya sudah berprogres ke arah yang lebih baik,” tutupnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid