Timnas Indonesia

Ronaldo Kwateh Curhat Usai Batal Tampil di Piala Dunia U-20 dan SEA Games 2023: Sangat Mengecewakan!



NOBARTV NEWS – Dalam waktu yang berdekatan, Ronaldo Kwateh harus mengubur mimpinya untuk tampil di dua even sekaligus. Setelah gagal bermain di , baru-baru ini Ronaldo juga dinyatakan gagal tampil di SEA Games 2023. Atas hal itu, ia mengaku sangat kecewa.

Sebagaimana diketahui, Ronaldo merupakan salah satu pemain andalan Shin Tae-yong di . Meski tak memiliki kualitas sebaik rekannya yakni Marselino Ferdinan, namun pesepakbola blasteran Indonesia – Liberia itu selalu mendapatkan kepercayaan dari sang pelatih Shin Tae-yong.

Pada awal tahun lalu (2022), Ronaldo mendapatkan caps bersama Timnas Indonesia senior dalam ajang FIFA Matchday melawan Timnas Timor-Leste. Tak selesai sampai di situ saja, ia kembali dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti even SEA Games 2021 di Vietnam.

Kepercayaan Shin untuk pemain Bodrumspor itu terus berlanjut hingga U-19 2022 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dalam dua even tersebut, Ronaldo selalu menjadi pemain inti Shin Tae-yong.

Namun hari berganti hari, Ronaldo Kwateh jarang mendapatkan panggilan untuk Timnas senior. Akan tetapi, untuk kelompok umur yakni Timnas U-19/U-20, ia merupakan pemain langganan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Ketika skuad Garuda muda melakukan TC di Eropa tahun lalu, eks pemain Madura United ini menjadi bagian dari skuad Garuda. Kesempatan itu kembali berlanjut tatkala Timnas Indonesia akhirnya bermain di Piala Asia U-20 2023 Maret kemarin. Ronaldo menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong di even tersebut. Sayang, di Piala Asia U-20 2023, skuad Garuda muda gugur di fase grup.

Namun tak mengapa, sebab even sesungguhnya bakal Ronaldo mainkan di Piala Dunia U-20 2023. Akan tetapi, nasib buruk menimpa Ronaldo dan skuad Garuda muda lainnya. Tak lebih dari dua bulan jelang even Piala Dunia U-20 itu dimainkan, Indonesia dinyatakan batal sebagai tuan rumah karena FIFA resmi mencabut hak tersebut. Alhasil, skuad Timnas U-20 yang awalnya dipersiapkan tampil pun akhirnya dibubarkan.

Saat itu, skuad Garuda muda jelas patah hati. Secara psikologis, mental mereka pasti terganggu. Namun, ada secercah harapan bagi tujuh pemain Garuda muda tersebut karena Indra Sjafri memberikan kesempatan bagi mereka untuk tampil di SEA Games 2023. Namun tentunya, mereka harus mengikuti seleksi terlebih dahulu untuk dibawa ke even itu. Salah satu pemain yang mendapatkan kesempatan itu adalah Ronaldo Kwateh.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Namun beribu sayang, lagi dan lagi, Ronaldo dinyatakan gagal tampil. Hal itu diakibatkan sang pemain mengalami cidera ketika membela Timnas Indonesia di laga uji coba. Alhasil, hanya Marselino Ferdinan lah pemain Timnas U-20 yang lolos ke SEA Games tersebut.

Atas kejadian tersebut, Ronaldo Kwateh curhat di media sosialnya. Ronaldo mengaku mengaku kecewa karena untuk kedua kalinya – di dua even yang berdekatan, ia gagal memperkuat Timnas Indonesia.

“Sulit untuk mengungkapkan apa yang kurasakan saat ini, mimpi lain telah dibatalkan lagi. Saya tahu ini sangat mengecewakan. Tetapi ini bagian dari sepak bola dan profesi kami,” tulis Ronaldo.

“Dan sekarang saya siap dan hanya ingin fokus pada pemulihan saya. Selalu percaya bahwa Tuhan punya rencana terbaik dan aku berjanji aku kembali lebih kuat dari sebelumnya,” tulisnya lagi.

Dan di kalimat terakhirnya, Ronaldo menyelipkan doa kepada rekan-rekannya agar meraih kesuksesan di SEA Games 2023.

“Dan semoga sukses di SEA Games teman-teman,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment