Timnas Indonesia

Membawa Timnas Indonesia Berkembang, Shin Tae-yong Dikomentari Media Vietnam

TOPIK BERITA :


Shin Tae-yong
Shin Tae-yong

NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong mendapatkan sorotan dari media Vietnam, Lao Dong karena berhasil membawa berkembang, bahkan pelatih 51 tahun itu dikomentari hingga pengalamannya mendapat sponsor produk lokal.

Timnas Indonesia berkembang dengan cukup pesat sejak dilatih oleh Shin Tae-yong, kedatangan pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu benar-benar mengubah banyak hal mulai dari makanan para pemain, istirahat, kerja keras dan kedisiplinannya.

Terbukti di 2020, mengandalkan mayoritas pemain muda, Timnas Indonesia bermain tak kenal lelah bahkan berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1 dan menang atas Singapura di babak semifinal sayangnya di final kalah dari Thailand.

Pencapaian itu ternyata disorot oleh media Vietnam, Lao Dong. menurut media tersebut Shin Tae-yong berhasil membuat Timnas Indonesia berkembang dan pelatih berusia 51 tahun itu menjadi idola baru sepak bola Indonesia.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

“Shin Tae-yong dengan cepat beradaptasi dengan sepakbola negara yang memiliki ribuan pulau tersebut. Menyesuaikan diri serta menerima perbedaan untuk menegaskan posisinya. Berkat itu, ia dengan cepat menjadi idola baru sepakbola Indonesia,” bunyi keterangan Lao Dong di artikel mereka yang membahas pelatih-pelatih Korea Selatan di Asia Tenggara, Kamis (3/2/2022).

Lao Dong menyoroti akun Instagram Shin Tae-yong karena pengikutnya yang meningkat pesat serta menjadi bintang iklan untuk merek lokal, media Vietnam itu juga menyatakan bahwa coach Shin adalah pelatih yang selalu lapar akan kemenangan.

“Setelah membantu Indonesia menjadi runner-up Piala AFF, pengikut Instagram-nya meningkat pesat. Dia bahkan terus menerima tawaran iklan untuk merek lokal. Salah satu karakteristik ahli strategi Korea adalah keinginan mereka untuk belajar dan keinginan untuk maju,” lanjut keterangan Lao Dong.

“Pelatih Shin Tae-yong adalah orang yang sangat menarik, selalu lapar untuk menang dan telah meraih banyak kesuksesan dengan Timnas Korea serta beberapa klub. Di pengujung tahun 2019, ia menerima tugas memimpin tim Indonesia, yang secara kualitas sepakbola memiliki level yang jauh lebih rendah,” tambah keterangan Lao Dong.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Dan memang benar kedatangan Shin Tae-yong memberikan dampak yang cukup signifikan untuk perkembangan Timnas Indonesia. Dalam 10 laga terakhir, skuad Garuda hanya 1 kali merasakan kekalahan saat itu melawan Thailand di final leg pertama Piala AFF 2020.

Yusril Gamin

Seorang pria yang sangat antusias dengan perkembangan sepak bola, hoby nonton film juga terlebih film The Pursuit of Happyness, liga weekend favorit nya adalah La Liga.