Timnas Indonesia

Indra Sjafri Bongkar Alasan Tak Panggil Bagus Kahfi di SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Indra Sjafri membeberkan alasannya tak mengikutsertakan Bagus Kahfi dalam pemusatan latihan Timnas U-22 jelang SEA Games 2023.

Seperti diketahui, Indra Sjafri lewat PSSI telah memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan sejak beberapa hari lalu. 36 pemain tersebut terdiri dari hasil seleksi di gelombang pertama dan kedua pada bulan Maret kemarin. Di TC kali ini juga tergabung beberapa pemain yang tampil reguler bersama klubnya di Liga 1.

Dalam daftar pemain yang tampil reguler (di Liga 1) itu, Indra membawa beberapa pemain senior seperti Rizky Ridho, Witan Sulaeman, hingga Ramadhan Sananta. Ketiga pemain tersebut merupakan skuad senior yang dipimpin oleh Shin Tae-yong. Selain itu, Indra juga mengikutsertakan beberapa pemain yang pernah bermain dengan Timnas Indonesia kelompok umur seperti David Maulana, Beckham Putra, hingga Bagas Kaffa.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Di luar 36 pemain tersebut, Indra memanggil 7 pemain Garuda muda (Timnas Indonesia U-20) pimpinan Shin Tae-yong. Usai gagal tampil di 2023, skuad Garuda muda dibubarkan oleh pelatihnya. Kesempatan itu lalu dimanfaatkan oleh Indra untuk memanggil 7 pemain intinya guna mengikuti TC Timnas Indonesia U-22.

Namun sayangnya, Indra tidak memanggil salah satu eks pemain tim nasional Indonesia kelompok umur yaitu Bagus Kahfi. Padahal, berdasarkan jejak permainannya, Bagus pernah membela Timnas Indonesia U-16, lalu U-19, hingga U-23.

Bahkan, klub Bagus yakni Asteras Tripolis mempersilakan Timnas Indonesia untuk memanggil salah satu striker mudanya itu. Namun seperti yang disebutkan tadi, Indra mengabaikan mantan pemain FC Utrecht U-21 itu.

“Karena kemarin kita berdiskusi dengan klub Bagus. Bagus lagi diberikan kesempatan oleh klubnya,” kata Indra Sjafri dilansir dari ANTARA Senin 3 April 2023.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Indra memiliki alasan tersendiri mengapa ia memilih untuk tidak memanggil striker 21 tahun itu. Kata Indra, Bagus lebih baik berada di Yunani bersama Asteras Tripolis daripada pulang ke tanah air.

“Saya pikir dia lebih baik di klubnya ketimbang ke SEA Games, jadi Bagus tidak saya daftarkan,” tambah pelatih yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

Namun Indra mengaku kalau ia sudah mendaftarkan dua pemain abroad untuk ajang SEA Games 2023 tersebut. Kedua pemain ini tidak dipanggil untuk mengikuti TC namun mereka diharapkan tampil di ajang SEA Games tersebut. Keduanya adalah Elkan Baggott dan Pratama Arhan.

“Tapi Elkan, Arhan, saya daftarkan,” tutup Indra.

Meski demikian, keduanya belum bisa dipastikan bisa membela Timnas Indonesia. Hal itu dikarenakan SEA Games tidak terdaftar di ajang resmi FIFA sehingga klub tidak berhak untuk melepas pemainnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments