Timnas Indonesia

Wasit VAR Kontroversial di Laga Indonesia vs Qatar Kembali Pimpin Laga Skuad Garuda kontra Uzbekistan



NOBARTV.CO.ID Wasit VAR kontroversial kembali pimpin Indonesia, Indonesia akan kembali menjalani partai penting di laga semifinal Piala Asia U23 melawan Uzbekistan. Di laga semifinal nanti, wasit VAR yang sempat memberikan keputusan kontroversial di laga Indonesia vs Qatar akan kembali bertugas.

Seperti yang diketahui, skuad U23 beberapa waktu lalu dipastikan lolos ke babak semifinal Piala Asia U23 2024. Kelolosan itu didapatkan Marselino Ferdinan dkk usai menumpas perlawanan Korea Selatan U23 di babak perempatfinal.

Usai bermain imbang 2-2 dengan Korea di waktu normal hingga babak extra time, kedua kesebelasan akhirnya melanjutkan penentuan pemenang lewat adu penalti. Di babak adu penalti ini, satu dari 12 tembakan skuad Garuda melenceng sedangkan 2 tembakan pemain Korea Selatan mampu ditepis Ernando Ari. Alhasil, di babak penalti itu, skuad Garuda menang dengan skor 11-10.

Setelah berhasil mengalahkan Korea Selatan, Timnas Indonesia tinggal menunggu hasil antara Arab Saudi vs Uzbekistan. Dan ternyata, di laga semifinal lainnya itu, Uzbekistan dipastikan menjadi lawan Indonesia usai mampu mengalahkan Arab Saudi dengan kedudukan akhir 2-0. Duel Indonesia vs Uzbekistan akan digelar pada Senin malam esok.

Baca Juga:  Pelatih Ungkap Alasan Tak Panggil Amar Brkic dan Chow Damanik ke Timnas U20

Siapapun pemenang di duel ini, tim tersebut dipastikan akan lolos ke babak final Piala Asia U23 2024. Tidak cuma itu, kelolosan itu akan dibarengi dengan satu tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024. Jadi, peringkat 1, 2, dan 3 Piala Asia U23 2024 akan melaju ke turnamen bergengsi lainnya yakni Olimpiade Paris tersebut. Sedangkan bagi peringkat keempat, tim tersebut harus menjalani partai play off untuk bisa tampil di laga bergengsi itu.

Wasit VAR Kontroversial di Laga Indonesia vs Qatar Kembali Pimpin Laga Skuad Garuda kontra Uzbekistan
Potret wasit asal Thailand yang akan jadi wasit VAR di laga Indonesia vs Uzbekistan (sumber: IG @afcasiancup)

Akan tetapi, satu hal yang cukup mengkhawatirkan jelang duel Indonesia vs Uzbekistan ini adalah terkait dengan wasit VAR yang akan mengontrol pertandingan. Diketahui, AFC selaku penyelenggara Piala Asia U23 lagi-lagi menunjuk Sivakorn Pu-udom sebagai wasit VAR. Sementara itu, Sivakorn Pu-udom di pertandingan Indonesia sebelumnya pernah membuat beberapa keputusan kontroversial sehingga wasit utama tidak mengecek kondisi VAR.

Baca Juga:  Resmi: PSSI Rilis Harga Tiket Indonesia vs Tanzania, Murah atau Kemahalan?

Jadi, pada laga Indonesia vs Qatar di matchday pertama grup A, telah terjadi berbagai keputusan wasit yang sangat kontroversial. Wasit utama Nasrullo Kabirnov memberikan keuntungan bagi tuan rumah karena keputusan-keputusan yang dikeluarkannya. Keputusan Nasrullo itu – sedikit tidaknya, banyak bergantung dari saran wasit VAR.

Wasit VAR saat itu Sivakorn Pu-udom tidak memberikan saran kepada Nasrullo Kabirnov untuk membatalkan kartu merah yang didapatkan Ivar Jenner. Sivakorn juga tidak memberikan saran penting ketika Marselino Ferdinan dijatuhkan dengan paksa oleh pemain Qatar. Akibat banyaknya keputusan yang diberikan Nasrullo Kabirnov atas saran Sivakorn itu, skuad Garuda pada akhirnya dikalahkan Qatar dengan skor akhir 2-0.

Lantas, bagaimana dengan laga Indonesia vs Uzbekistan nanti? Yang jelas, kehadiran Sivakorn cukup membuat perasaan suporter Timnas Indonesia menjadi was-was.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *