Timnas Indonesia

Media Inggris Klaim Baggott Boleh Bela Timnas Jika Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kehadiran Elkan Baggott di dalam 2022 belum jelas sampai saat ini. Meski Shin Tae-yong telah menemui pihak klub, namun kepastian itu belum bisa diberikan menjelang dihelatnya turnamen sepak bola dua tahunan itu.

Sebagaimana diketahui, PSSI telah mengumumkan 28 pemain guna mengikuti TC jelang bergulirnya Piala AFF 2022. Meski hanya sekelas pertandingan bertajuk Piala AFF yang sama-sama kita ketahui tidak masuk dalam kalender resmi FIFA, namun STY tetap membawa para pemain terbaiknya. Dalam daftar tersebut, delapan pemain abroad dimasukkan oleh sang pelatih.

Dua di antara pemain abroad tersebut merupakan punggawa yang baru saja resmi menjadi WNI. Mereka adalah Sandy Walsh (KV Mechelen) dan Jordi Amat (Johor Darul Takzim). Selain itu, ada Witan Sulaeman (AS Trencin), Egy Maulana Vikri (ViOn Zlate Moravce), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan Elkan Baggott (Gillingham FC).

Akan tetapi, dua di antara pemain abroad sampai saat ini belum bisa dipastikan untuk bisa membela Timnas Indonesia. Dua pemain yang dimaksud adalah Elkan Baggott dan Sandy Walsh.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Jadi, beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong ditemani oleh salah satu asistennya terbang menuju Inggris dan Belgia. Di dua negara Eropa itu, STY mengunjungi markas KV Mechelen dan Gillingham FC. Kedatangan pelatih asal Korea Selatan itu dalam rangka meminta restu agar Sandy dan Elkan bisa dibawa Timnas Indonesia ke Piala AFF 2022 meski di saat yang bersamaan, klub-klub tersebut juga tengah melakoni pertandingan.

Sejauh ini, baik STY maupun klub yang bersangkutan belum memberikan kepastian apakah para pemainnya bisa meninggalkan klub atau tidak.

Namun berdasarkan kabar terbaru, media asal Inggris TWTD merilis sebuah artikel mengenai kepastian tersebut. Media tersebut menyebut bahwa Elkan hanya bisa membela Timnas Indonesia jika skuad asuhan Shin Tae-yong itu lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022.

“Kami memahami, sementara kedua klub tidak bersedia melepas bek tengah itu untuk babak penyisihan grup, mereka akan mengizinkannya untuk melakukan perjalanan jika Indonesia maju ke semi-final dan final,” tulis TWTD.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Apa yang diutarakan oleh TWTD ada benarnya juga. Apalagi untuk Elkan sendiri, PSSI juga harus meminta restu Ipswich Town sebagai klub utama Elkan. Di Gillingham, bek jangkung Timnas Indonesia itu hanya berstatus sebagai pemain pinjaman. Jadi, keputusan Elkan Baggott untuk bisa membela Timnas Indonesia harus mendapatkan restu dari dua klub tersebut. Dan selama menjalani fase grup itu, The Gills (julukan Gillingham) tengah memainkan jadwal pertandingan yang cukup padat.

Jika artikel yang ditulis TWTD itu benar, maka Elkan dipastikan absen di seluruh babak penyisihan grup melawan Timnas Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam. Babak penyisihan grup akan berakhir pada tanggal 2 Januari 2023. Pada tanggal tersebut, skuad Garuda Indonesia akan menantang Timnas Filipina di laga pamungkas grup A.

Jika Indonesia beruntung (lolos ke semifinal), maka Elkan dipastikan bisa membela Timnas Indonesia di pertandingan semifinal pada bulan Januari tahun depan. Dengan demikian, Timnas Indonesia akan diuntungkan – serta klub Elkan tidak akan mengalami kerugian.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments