Timnas Indonesia

STY Komentari Lawan Terkuat Indonesia di Piala Asia 2023: Mereka Nyaris Sempurna!



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong memberikan penilaiannya terhadap lawan terkuat di Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, skuad Timnas Indonesia mengalami dilematis yang cukup besar di Piala Asia 2023 ini. Ya, bagaimana tidak, di fase grup pada ajang sepak bola tertinggi di Asia ini, Marc Anthony Klok dkk tergabung dengan tim terkuat di Asia yaitu Timnas Jepang.

Sekadar diketahui, Jepang adalah salah satu tim Asia yang rutin tampil di even akbar seperti Piala Dunia. Pada edisi 2022 lalu, Jepang membuat kejutan dengan mengalahkan dua tim besar Eropa yakni Timnas Jerman dan Spanyol. Sedangkan untuk even seperti Piala Asia ini, Jepang tercatat sudah pernah menjadi juara sebanyak 4 kali. Torehan tersebut membuat tim berjuluk Samurai Biru ini sebagai tim tersukses di ajang tersebut.

Oleh karena itu, tak heran jika melawan Jepang adalah sebuah dilematis bagi Timnas Indonesia. Di satu sisi, skuad Garuda akan merasa bangga karena berkesempatan melawan tim dengan skuad yang diisi oleh pemain bintang yang berkarier di Eropa. Seperti Takefusa Kubo hingga Takehiro Tomiyasu misalnya.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Namun di sisi lainnya, laga melawan Jepang juga ujian berat bagi skuad Shin Tae-yong. Hal itu karena saat ini, Jepang tercatat sebagai tim terbaik (berdasarkan peringkat FIFA) di benua Asia. Jepang masuk dalam 20 besar tim terbaik dunia sedangkan Indonesia berada di luar 140 besar.

Hal tersebut pun membuat pelatih Timnas Indonesia angkat suara. Ia menilai sang lawan dari berbagai sisi yang diketahuinya. Menurutnya, Jepang adalah tim yang nyaris sempurna. Anak asuh Hajime Moriyasu itu, kata Shin Tae-yong memiliki lini serang dan pertahanan yang sempurna.

STY Komentari Lawan Terkuat Indonesia di Piala Asia 2023: Mereka Nyaris Sempurna!
Beberapa punggawa Timnas Jepang

“Jepang tim terbaik di Asia sekarang. Lini serang dan pertahanannya seimbang. Saya akui mereka tim yang nyaris sempurna di Asia,” ucap Shin Tae-yong.

“Termasuk juga kualitas dan kemampuan para pemainnya (nyaris sempurna),” katanya menambahkan.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

Skuad Jepang sendiri akan menjadi lawan terakhir Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia 2023 ini. Sebab di grup yang sama, anak asuh Shin Tae-yong itu sudah dinanti oleh dua tim lainnya yakni Timnas Irak dan Timnas Vietnam. Irak akan menjadi lawan Marc Klok dkk di matchday pertama dan Vietnam di pertandingan keduanya.

“Saya fokus ke pertandingan selanjutnya,” pungkas Shin Tae-yong.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di fase grup Piala Asia 2023:

Indonesia vs Irak

Ahmad bin Ali Stadium

Senin, 15 Januari 2024

21.30 WIB

Siaran langsung: RCTI

Vietnam vs Indonesia

Abdullah bin Khalifa Stadium

Jumat, 19 Januari 2024

21.30 WIB

Siaran langsung: RCTI

Jepang vs Indonesia

Al Thumama Stadium

Rabu, 24 Januari 2024

18.30 WIB

Siaran langsung: RCTI

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid