Timnas Indonesia

Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Indonesia Tidak Bakal Capai Final Piala AFF 2022, Berikut Pengakuannya!



Pengamat Sepak Bola ASEAN Sebut Indonesia Tidak Bakal Capai Final Piala AFF 2022, Berikut Pengakuannya!
Steve Darby

NOBARTV NEWS 2022 kurang dari empat bulan lagi. 10 kontestan akan saling sikut demi menyematkan diri sebagai tim terbaik di Asia Tenggara. Di edisi sebelumnya, Indonesia yang menempati posisi runner-up ini bertekad untuk membawa pulang gelar juara. Namun dari sekian harapan-harapan itu, salah satu pakar sepakbola ASEAN asal Inggris, Steve Darby meragukan armada Shin Tae-yong itu. Ia bahkan menyebut Garuda Indonesia tidak akan mencapai babak final.

Sebagaimana diketahui, tergabung di grup A Piala AFF 2022. Hal itu diputuskan usai drawing yang dilakukan beberapa hari lalu. Selain Indonesia, tiga tim lain sudah dipastikan berada dalam grup tersebut seperti Timnas Thailand, Filipina, dan Kamboja. Sedangkan satu tim lagi harus melalui babak play-off dulu. Dua tim yang akan bersaing di babak play off adalah Brunei Darussalam dan Timor-Leste.

Sedangkan di grup B ada Timnas Vietnam, Malaysia, Singapura, Laos, dan Myanmar.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Di edisi sebelumnya (Piala AFF 2020), Indonesia mencapai babak final usai menjadi juara grup dan menang di babak semifinal melawan Singapura. Sedangkan lawan Indonesia di partai final yaitu Timnas Thailand berhasil mengalahkan Vietnam dalam babak semifinal tersebut.

Final antara Indonesia dan Thailand berlangsung dalam dua leg. Sayangnya, Indonesia gagal tampil maksimal meski di leg kedua sempat mengejutkan banyak orang karena mampu bermain imbang dengan Thailand. Namun hasil imbang tersebut tidak cukup membuat Indonesia berbuat banyak karena di leg pertama, skuad asuhan Shin Tae-yong kalah telak.

Dan kini, di edisi kali ini (Piala AFF 2022), Shin Tae-yong memasang target juara. Belajar dari edisi sebelumnya, juga mendapatkan amunisi baru berupa pemain naturalisasi, Shin yakin anak asuhnya mampu menjadi juara.

Namun berbeda halnya dengan Steve Darby. Pengamat sepakbola asal Inggris yang sempat melatih Timnas Thailand dan Laos itu meragukan kualitas Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Steve Darby juga mengomentari persaingan di grup B yang menurutnya Timnas Vietnam dan Malaysia lah yang akan berpeluang lolos ke babak berikutnya (semifinal).

“Saya pikir grup Vietnam akan lebih mudah dan kedua tim Vietnam dan Malaysia akan melewati babak penyisihan grup dengan mudah,” papar Steve Darby.

Steve Darby hanya menjagokan Indonesia lolos dari fase grup, namun ia tak yakin Indonesia mampu lolos hingga babak final.

“Kejutan yang tidak terduga keluar jika Filipina dapat bersaing dengan Indonesia. Tapi menurut saya, Grup A masih dua nama yakni Thailand dan Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Steve Darby lantas menjagokan dua nama yakni Timnas Thailand dan Vietnam yang akan lolos ke babak final. Dalam artian, Steve tidak menjagokan tim lain termasuk Timnas Indonesia.

“Tapi saya pikir final akan sekali lagi adalah Thailand dan Vietnam. Siapa pun bisa memenangkan pertandingan ini,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid