Timnas Indonesia

AFF Minta Izin Agar 2 Laga Kandang Timnas Indonesia Bisa Dihadiri Penonton



NOBARTV NEWS – AFF mengutus perwakilannya untuk datang ke Indonesia guna menemui Menpora RI Zainudin Amali. Kedatangan itu dalam rangka meminta izin agar di 2022 nanti, bisa berkandang di rumah sendiri dan laga tersebut bisa dihadiri oleh penonton.

Diketahui, kompetisi domestik Liga 1 hingga Liga 3 di Indonesia tengah dihentikan. Bahkan, sudah lebih dari satu bulan tidak ada aktivitas sepak bola di negara ini. Pemerintah RI telah menyetop seluruh laga akibat Tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu. Saat itu, ratusan jiwa melayang dan ratusan lainnya luka-luka akibat berdesakan dan menghirup gas air mata.

Saat itu, para korban yang merupakan suporter Arema FC turun ke lapangan karena tidak menerima hasil pertandingan antara timnya dengan sang tamu Persebaya Surabaya. Singkatnya, kondisi di dalam lapangan menjadi chaos. Beberapa suporter melakukan tindak anarkis – yang kemudian dibalas oleh semprotan gas air mata. Suporter pun berlarian menyelamatkan diri. Dalam proses penyelamatan diri, mereka berdesakan dan menghirup zat kimia itu. Akibat hal tersebut, beberapa dari mereka meninggal di tempat dan beberapa lainnya meninggal setelah dibawa ke fasilitas kesehatan.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Kini, mandeknya kompetisi tersebut menimbulkan rasa kekhwatiran bagi AFF. Pasalnya, di Piala AFF 2022 ini, setiap tim memiliki kesempatan untuk bermain sebagai tuan rumah dan bermain tandang. Format ini dinamakan round robin. Jadi, AFF khawatir ketika nanti Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Mereka takut jikalau suporter tidak diizinkan masuk ke dalam stadion karena distopnya kompetisi domestik di Indonesia. Bukan itu saja, utusan AFF yang saat itu diwakili oleh Komite Kompetisi Sri Francisco Kalbuadi Lay merasa khawatir jika Indonesia juga tak bisa berkandang di stadion sendiri.

“Kami memohon supaya Piala AFF 2022 ini yang berformat kandang tandang ini bisa dimainkan di Indonesia,” ujar Sri Francisco.

“Kami langsung berkoordinasi dengan Kemenpora supaya kandang timnas Indonesia bisa tetap di Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Akan tetapi, untuk diketahui, PSSI sendiri telah menunjuk Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi sebagai kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini. Hanya saja, untuk pemusatan latihan rencananya akan dilakukan di Bali sesuai permintaan dari sang pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Sri Francisco sadar betul bahwa Indonesia memiliki suporter fanatik dan menjadi penonton terbanyak di Asia Tenggara. Maka daripada itu, ia ingin agar di pertandingan nanti para suporter Timnas Indonesia itu bisa hadir memenuhi stadion.

“Kami sadar bahwa Indonesia adalah satu negara yang memiliki penonton terbanyak di ASEAN. Mari kita bersama-sama bergandeng tangan untuk memajukan sepak bola di ASEAN,” tutup Sri Francisco dalam keterangannya usai pertemuan dengan Menpora.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments