Timnas Indonesia

Head to Head Indonesia Vs Kontestan Grup F Kualifikasi Piala Dunia: Semuanya Pernah Dibungkam Skuad Garuda!



NOBARTV NEWS dipastikan tergabung dalam grup F 2026 zona Asia untuk ronde kedua. Menariknya, sepanjang sejarah pertemuannya, Timnas Indonesia sudah pernah membungkam para lawan yang akan dihadapinya di grup tersebut.

Diketahui, skuad Garuda beberapa waktu lalu melakukan laga tandangnya ke markas Brunei Darussalam di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Di laga tersebut, untuk kedua kalinya, anak asuh Shin Tae-yong itu berhasil membungkam sang lawan dengan skor telak 0-6. Di laga perdananya yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), skuad Garuda juga mencatatkan kemenangan dengan skor yang sama (6-0).

Ketika bermain di Indonesia, enam gol skuad Garuda dicetak oleh hattrick Dimas Drajad, brace Ramadhan Sananta, dan satu gol lainnya dari Rizky Ridho. Sedangkan di laga kedua ketika bermain di Brunei, enam gol tersebut dikemas oleh brace Hokky Caraka serta masing-masing satu gol dari Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, serta Rizky Ridho.

Hasil ini pun membuat Indonesia menang dengan skor agregat 12-0 dan berhak untuk melaju ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di babak kedua, anak asuh Shin Tae-yong tersebut otomatis masuk ke grup F dan akan berhadapan dengan Timnas Irak, Vietnam, dan Filipina.

Head to Head Indonesia Vs Kontestan Grup F Kualifikasi Piala Dunia: Semuanya Pernah Dibungkam Skuad Garuda!
Aksi bek sayap Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar

Menariknya, ketiga lawan yang akan dihadapi skuad Garuda tersebut sudah pernah dikalahkan di pertandingan-pertandingan sebelumnya.

1. Timnas Indonesia vs Timnas Irak

Sejarah mencatat kalau Indonesia dan Irak sudah pernah bertemu sebanyak enam kali. Pertemuan tersebut pertama kali terjadi pada 18 Januari 1968 dan terakhir kali tersaji pada 19 Nopember 2013 lalu.

Meskipun dalam enam pertandingan tersebut Timnas Indonesia lebih banyak menelan kelalahan, namun menariknya mereka juga sudah pernah membungkam sang lawan. Kemenangan satu-satunya yang diraih Timnas Indonesia kala itu terjadi pada pertemuan pertama mereka.

  • Indonesia 2-1 Irak (18/1/1968)
  • Indonesia 1-1 Irak (22/1/1968)
  • Indonesia 1-1 Irak (16/3/1973)
  • Indonesia 2-3 Irak (21/3/1973)
  • Indonesia 0-1 Irak (6/2/2013)
  • Indonesia 0-2 Irak (19/11/2013)

2. Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam

Berada di geografis yang sama membuat Timnas Indonesia dan Vietnam sudah seringkali berjumpa. Secara head to head, pertemuan kedua tim sesama Asia Tenggara ini sudah pernah terjadi sebanyak 27 kali.

Dalam 27 pertandingan tersebut, 8 di antaranya berakhir kemenangan bagi skuad Garuda. Delapan pertandingan lainnya juga dikemas Vietnam dengan kemenangan sedangkan sisanya 11 laga berakhir imbang.

3. Timnas Indonesia vs Timnas Filipina

Sama seperti Vietnam, Filipina juga merupakan negara asal Asia Tenggara sehingga Indonesia sudah sering berhadapan dengan mereka.

Diketahui, Indonesia dan Filipina sudah pernah berduel sebanyak 10 kali. Tanpa pernah meraih kemenangan, Filipina dikalahkan Indonesia sebanyak tujuh kali dan tiga laga lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment