Timnas Indonesia

PSSI Akan Gelar Kongres pada Juni 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI akan menggelar kongres untuk pertama kalinya sejak Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI. Kongres tersebut direncanakan akan digelar pada bulan Juni 2023.

Sebagaimana diketahui, sejak didapuk menjadi Ketua Umum PSSI pada 16 Pebruari kemarin, Erick baru beberapa kali melakukan rapat kecil-kecilan. Meski disebut kecil-kecilan, namun dari pertemuan tersebut telah hadir beberapa keputusan yang cukup besar.

Seperti rapat yang dihadiri Erick, Menpora, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk membahas mafia sepak bola Indonesia. Lalu pertemuan Erick beserta exco PSSI dengan Presiden RI Joko Widodo yang kemudian menghasilkan keputusan untuk dibangunnya training center di Ibukota Nusantara.

Adapula pertemuan PSSI dengan perwakilan Liga 1, 2, dan 3 dalam Sarasehan Sepak Bola Indonesia di Surabaya.

Terbaru, pada Jumat 10 Maret kemarin, Erick dan para Komite Ekskutif juga melakukan rapat terkait agenda terdekat PSSI. Pertama, Erick memastikan bahwa Timnas Indonesia akan mengikuti ajang FIFA Matchday pada bulan Maret ini. Bahkan, tak hanya itu saja, PSSI sejak sekarang akan menjajaki tim-tim yang kemungkinan akan menjadi lawan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday edisi berikutnya.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Mengenai persiapan FIFA Match Day pada Maret, Juni dan November. Tadi Komite Eksekutif menyepakati Juni dan November sudah mulai negosiasi dari sekarang. Jadi tidak mendadak-mendadak. Kalau kemarin kan transisi, jadi mungkin perlu waktu,” kata Erick Thohir kemarin.

“Tapi Maret ini dipastikan ada pertandingan, siapa lawannya yang akan datang, diputuskan pada pukul 22.00 WIB ini. Saya belum bisa umumkan sebelum ada kepastian surat menyurat,” ujarnya menambahkan.

Tadi malam, lewat laman resminya, PSSI telah mengumumkan nama sang lawan. Skuad asal Afrika Timnas Burundi dijadwalkan akan menjadi lawan Marc Klok dkk. Laga tersebut akan dilangsungkan sebanyak dua kali di Indonesia.

Hal kedua yang dibahas pada pertemuan kemarin terkait dengan proses naturalisasi tiga pemain keturunan yakni Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Kata Erick, proses naturalisasi tersebut segera akan dilanjutkan begitu DPR RI selesai dari masa resesnya.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Lalu, kami juga bicara soal naturalisasi pemain. Suratnya sudah dikirim, Presiden Joko Widodo sudah membuat surat tembusan ke DPR. Tapi DPR reses, jadi baru 13 Maret akan didorong ke DPR untuk naturalisasi pemain, terutama yang U-20,” ujarnya menambahkan.

Hal terakhir yang dibahas dalam pertemuan kemarin adalah tentang Kongres PSSI. Kongres tersebut direncanakan akan dilakukan pada bulan Juni mendatang. Ini merupakan kongres pertama PSSI sejak Erick terpilih sebagai pemimpin.

Dalam kongres tersebut akan dibahas terkait program kerja PSSI tahun ini, juga akan dibentuknya badan yudisial di tubuh PSSI.

“Kami bicara pada akhir Juni ini akan ada kongres untuk menetapkan badan yudisial, lalu program kerja tahun 2023, beserta keuangan dan lainnya,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments