Timnas Indonesia

Jumpa Timnas Indonesia Sebanyak 6 Kali, Begini Kekuatan Timnas Kuwait



Jumpa Timnas Indonesia Sebanyak 6 Kali, Begini Kekuatan Timnas Kuwait
Selebrasi gol Irfan Jaya

NOBARTV NEWS dijadwalkan akan menghadapi Kuwait di babak . Keduanya akan berjumpa pada tanggal 8 Juni mendatang. Pertarungan keduanya akan berlangsung di markas Kuwait.

Kuwait ditunjuk sebagai tuan rumah untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 khusus grup A. Di sana, tergabung dua tim lainnya yakni Timnas Yordania dan Nepal.

Sejauh ini, pertemuan kedua tim lebih memihak kepada Timnas Kuwait. Dari enam laga yang sudah dijalani, Timnas Indonesia hanya mengemas satu kali kemenangan, dua kali kalah, dan sisanya berakhir imbang.

Tetapi, skuad Indonesia sekarang dengan yang lalu tentu berbeda. Begitupun dengan Timnas Kuwait. Dalam rentang waktu belasan tahun, sejak keduanya melakoni laga terakhirnya, terdapat banyak perubahan dari berbagai sisi kedua tim.

Berikut fakta yang bisa dihimpun dari skuad Kuwait untuk saat ini.

Timnas Kuwait saat ini bertengger di urutan 143 rangking FIFA. Mereka berhasil mengemas 1065,56 poin. Sedangkan Indonesia berada di urutan 160 FIFA. Berarti, keduanya berjarak 17 tangga.

Saat ini, para pemain yang mengisi skuad Kuwait memiliki usia rata-rata 25,9 tahun. Menariknya, dari total 27 pemain yang menghuni skuadnya, tidak satupun pemain yang bermain di luar negeri. Skuad Kuwait hanya diisi oleh para pemain lokal.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Sedangkan Indonesia memiliki beberapa pemain yang berkompetisi di luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Bagoot, Asnawi Mangkualam, dan Arhan Pratama. Belum lagi ditambah dengan beberapa pemain keturunan yang kemungkinan besar sudah bisa diturunkan untuk Kualifikasi Piala Asia nanti.

Total nilai pasaran skuad Kuwait pun cukup fantastis. Nilai pasarannya mencapai 136,88 miliar rupiah. Sedangkan Indonesia hanya 91,69 miliar saja.

Dalam lima pertandingan terakhir yang dilakoni Timnas Kuwait, mereka hanya mampu meraih dua kali kemenangan. Yakni ketika menghadapi Tionghoa Taipei di putaran kedua dan menang atas Libya di akhir Januari lalu.

Kuwait kalah dua kali masing-masing dari Libya dan Australia. Mereka kalah telak dari Timnas Australia dalam Kualifikasi Piala Asia putaran kedua. Mereka takluk dengan skor telak 0 – 3. Sedangkan untuk Libya, mereka kalah di pertemuan keduanya dalam laga persahabatan.

Kuwait hanya meraih hasil imbang ketika berhadapan dengan Timnas Yordania, yang di mana tim tersebut akan menjadi lawan tandingnya di grup A Kualifikasi Piala Asia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Melihat hasil dari lima pertandingan terakhir Timnas Kuwait tersebut, Timnas Indonesia diyakini tidak akan kesulitan untuk menghadapinya namun tidak akan mudah pula untuk mencetak gol.

Jika naturalisasi pemain berjalan sukses, lini belakang Indonesia akan cukup sulit dilewati. Di posisi bek tengah, ada Jordi Amat dan Sandy Walsh. Selain keduanya, ada pemain asli Indonesia yakni Dewangga dan Rizky Ridho yang sudah terbukti kualitasnya.

Sayang, untuk lini depan, Timnas Indonesia belum memiliki striker yang haus gol. Sehingga, kesimpulan mengatakan Indonesia sulit untuk ditembus dan kesulitan juga mencetak gol dari penyerang murninya.

Namun, ini hanyalah prediksi semata. Sebab ada beberapa nama di skuad Timnas Indonesia yang saat ini digadang-gadang akan mengganas di babak Kualifikasi Piala Asia nanti.

Mereka adalah Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, serta duo Timnas Indonesia di Slovakia, Egy dan Witan.

Berikut rekap lima pertandingan terakhir Timnas Kuwait :

Australia 3 – 0 Kuwait (Kualifikasi Piala Dunia, 04 Juni 2021)

Kuwait 0 – 0 Yordania (Kualifikasi Piala Dunia, 12 Juni 2021)

Tionghoa Taipei 1 – 2 Kuwait (Kualifikasi Piala Dunia, 16, Juni 2021)

Kuwait 2 – 0 Libya (Laga persahabatan, 30 Januari 2022)

Kuwait 0 – 2 Libya (Laga persahabatan, 01 Februari 2022)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid