Timnas Indonesia

Justin Hubner Diajak KNVB Bela Timnas Belanda U-20, Begini Respon Menpora RI



NOBARTV NEWS – Justin Hubner mendapat panggilan dari Federasi Sepak Bola Belanda guna memperkuat Jong Oranje (Timnas Belanda U-20) dalam . Padahal sang pemain sedang dalam proses untuk menjadi WNI. Atas hal itu, Menpora RI Zainudin Amali pun angkat suara.

Sebagaimana diketahui, bek tengah muda Wolverhampton Wanderers U-21 Justin Hubner merupakan satu dari tiga pemain yang sedang diurus untuk menjadi WNI. Ketiganya merupakan pemain keturunan Indonesia yang diketahui berkewarganegaraan Belanda.

Akan tetapi, dikarenakan tiga pemain tersebut memiliki darah Indonesia, dan skuad Garuda muda akan menjadi tuan rumah untuk 2023, maka PSSI pun mengambil kesempatan untuk menaturalisasi mereka. Akan tetapi, sebelum diputuskan untuk menjadi WNI, ketiganya sudah dipanggil dan dipantau secara langsung oleh Shin Tae-yong. Setelah mendapatkan restu dari STY, ke-tiganya pun diproses untuk menjadi WNI (naturalisasi).

Kini, proses naturalisasi tersebut sedang berjalan dan sudah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo. Tinggal menunggu sidang DPR RI lalu mengikuti tahap lanjut hingga pada akhirnya nanti melakukan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM. Selain Justin Hubner, dua pemain muda lainnya yang dimaksud adalah gelandang tengah FC Utrecht U-21 Ivar Jenner dan striker ADO Den Haag Rafael Struick.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun lucunya, ketika proses naturalisasi tersebut masih berjalan, salah satu calon pemain naturalisasi yakni Justin Hubner mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Belanda U-20. Ia diminta untuk mengikuti pemusatan latihan jelang laga persahabatan antara Timnas Belanda U-20 melawan Timnas Prancis U-20. Padahal, proses naturalisasi pemain yang bersangkutan masih berjalan.

Atas hal tersebut, Justin Hubner sudah angkat suara. Ia mengaku tak tahu apa yang harus dipilihnya. Antara menerima panggilan tersebut atau tidak. Ia juga tak tahu dengan proses naturalisasinya saat ini karena ia tidak pernah mendapatkan kabar lagi sejak Ketua Umum PSSI berganti kepemimpinan. Dari Mochamad Iriawan ke Ketum PSSI baru Erick Thohir.

Menyikapi hal tersebut, Menpora RI sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI 1 Zainudin Amali angkat bicara.

“Saya belum dapat informasi clearnya, itu nanti. Setelah kami mendapatkan informasi clear baru saya akan komentari,” kata Zainudin Amali.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Karena dia (Justin Hubner) tahu sendiri ya dia lagi proses, sebentar lagi kan hanya nunggu DPR. Iya nunggu DPR. Kalau dari Presiden (Joko Widodo) sudah (ditandatangani),” tambah pria asal Gorontalo itu.

“Kan itu harus di paripurnakan, kalau komisi 3 dan 10 sudah nanti membahas mereka setuju, diputuskan paripurna, kirim ke Pak Presiden, habis itu pengambilan sumpah. Naturalisasi itu bukan kami paksa, atas keinginan mereka sendiri.”

“Karena saya tidak mau merekomendasikan pemain yang tidak direkomendasikan oleh pelatih dan asosiasi. Kalau dulu kan klub-klub saja bisa. Saya tidak mau itu, kita tunggu saja seperti apa cerita yang sebenarnya,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments