Timnas Indonesia

2 Pelatih Lokal Susul Garuda Muda ke Turki, Bakal Berguru ke STY?



NOBARTV NEWS – Dua pelatih tim muda Persis Solo asal Indonesia, Sofie Imam Faisal dan Haryanto “Tommy” Prasetyo mendapatkan kesempatan untuk membersamai pemusatan latihan di Turki. Di Turki, kedua pelatih tersebut akan dimasukkan ke dalam staf kepelatihan Timnas Indonesia.

Diketahui, skuad Garuda muda tengah melakukan pemusatan latihan di Eropa – tepatnya di Turki. Usai dari Turki, para rombongan akan berangkat menuju Spanyol dalam rangka yang sama. Selain Shin, staf, dan skuad Garuda muda, beberapa nama baru muncul dalam pemusatan latihan tersebut.

Sebut saja seperti asisten pengganti Dzenan Radoncic yakni Cho Byung-kuk, lalu dua anak STY Shin Jae Won dan Shin Jae Hyuk, dan terbaru dua pelatih asal Indonesia yaitu Coach Sofie dan Tommy.

Khusus untuk Coach Tommy dan Sofie, keduanya memang khusus didatangkan PSSI ke Turki untuk bergabung menjadi bagian skuad Timnas Indonesia sekaligus berguru ilmu kepelatihan pada Shin Tae-yong. Diketahui, coach Sofie merupakan pelatih fisik Persis Solo U-20 sedangkan Coach Tommy adalah pelatih tim muda Persis Solo U-16 dan U-18.

Bagi Coach Sofie, bergabung dengan Timnas Indonesia bukanlah hal pertama baginya. Sebelumnya, ia pernah masuk ke dalam staf kepelatihan Timnas Indonesia U-19 ketika masih dikepalai oleh Fakhri Husaini.

Tugas Coach Sofie dan Tommy adalah mencuri sebanyak-banyaknya ilmu kepelatihan pada Shin Tae-Yong. Keduanya akan membersamai Timnas Indonesia selama pemusatan latihan termasuk ketika nanti mereka melanjutkannya (pemusatan latihan) di Spanyol. Keduanya akan berguru ‘filosofi' sepakbola yang dimiliki STY.

Direncanakan, jika kedua pelatih tersebut sudah memiliki kesamaan filosofi melatih seperti Shin, maka keduanya akan dilepas untuk membesut Timnas kelompok umur lain. Beberapa rumor mengatakan bahwa kedua pelatih ini dipersiapkan PSSI untuk menjadi asisten Nova Arianto ketika membesut Timnas Indonesia U-23 di SEA 2023 di Kamboja. Seperti yang diketahui, besar kemungkinannya Shin tidak akan menangani skuad Garuda di ajang tersebut.

Namun dari keterangan yang didapatkan, keduanya dipanggil untuk dipersiapkan menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-20. Namun bisa saja alasan tersebut berubah mengingat Timnas Indonesia U-20 sudah memiliki sosok Cho Byung-kuk.

“Timnas adalah sebuah kehormatan setiap individu, baik pelatih ataupun pemain. Bisa dianggap ini cita-cita tertinggi dalam karir seorang pelatih,” ujar Coach Sofie.

“Meski ini hanya bersifat masa percobaan, tetapi kesempatan ini akan saya maksimalkan untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang saya miliki,” ujarnya menambahkan.

Ilmu kepelatihan yang didapatkan Sofie selama berada di Eropa sudah ia rencanakan akan untuk diterapkan ke tim muda Persis Solo.

“Lalu, hal-hal baik yang saya terima selama masa percobaan ini akan saya kembangkan untuk ke depannya bersama Persis Youth Academy.”

“Untuk persiapan secara pribadi tidak ada. Hanya mempersiapkan mental dan secepatnya beradaptasi dengan gaya permainan Head Coach Shin Tae-yong,” tutup eks pelatih fisik Sabah FC itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments