Timnas Indonesia

AFC Rilis Drawing Piala Asia 2023, Indonesia Satu Pot dengan 2 Tim Asia Tenggara!



NOBARTV NEWS – Pada Jumat 7 April kemarin, AFC resmi merilis pembagian pot untuk drawing Piala Asia 2023. tergabung di pot 4 bersama dua tim asal Asia Tenggara lainnya.

Sebagaimana diketahui, AFC lewat laman resminya telah mengumumkan pembagian pot untuk even sepak bola tertinggi di Asia yaitu Piala Asia 2023. Even tersebut akan dilangsungkan di Qatar pada Januari tahun 2024. Jadwal pelaksanaan even tersebut terpaksa dipindah karena di tahun 2023 ini Qatar mengalami musim yang cukup panas. Sehingga dengan pertimbangan tersebut, AFC resmi menggantikan jadwal even tersebut.

Timnas Indonesia sendiri berada di pot 4 bersama dua tim asal Asia Tenggara lainnya yaitu Thailand dan Malaysia. Selain itu, ada pula Timnas India, Tajikistan, dan Hongkong. Dengan demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong itu dipastikan tidak akan berada di grup yang sama dengan kelima tim yang sudah disebutkan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Menariknya, pembagian pot ini sesuai dengan peringkat terbaru FIFA. FIFA diketahui baru saja merilis peringkat terbaru usai pelaksanaan FIFA Matchday pada bulan Maret kemarin. Semakin bawah peringkat tim, maka semakin bawah pula posisinya dalam pot tersebut. Oleh sebab itu, Indonesia yang berstatus sebagai tim paling bawah berdasarkan peringkat FIFA (di antara kontestan lainnya) pun digabung di pot 4.

Sementara itu, Timnas Qatar selaku tuan rumah Piala Asia 2023 berada di pot 1 bersama lima kontestan kemarin yaitu Timnas Korea Selatan, Iran, Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Sedangkan di pot 2 bakal diisi oleh Timnas Irak, Uni Emirat Arab, Oman, Uzbekistan, China, dan Yordania. Tim Asia Tenggara lainnya yaitu Timnas Vietnam berada di pot 3 bersama Timnas Palestina, Bahrain, Suriah, Lebanon, dan Kirgiztan.

“Undian Final Piala Asia Qatar 2023 yang sangat dinantikan, yang akan berlangsung pada 11 Mei 2023, pukul 14.00 (waktu setempat), di Doha, Qatar, kini telah dikonfirmasi setelah rilis FIFA terbaru peringkat dunia,” tulis AFC dari laman resminya Jumat kemarin.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Qatar menempati posisi pertama di Pot 1 menjelang pengundian yang akan diadakan di Gedung Opera Katara untuk memastikan lawan negara tuan rumah (Qatar) di turnamen dengan pertandingan pembukaan yang dijadwalkan pada 12 Januari, 2024,” lanjut pernyataan tersebut.

Timnas Indonesia sendiri berpeluang untuk diperkuat oleh tiga pemain naturalisasi pada even kali ini. Sebab diketahui, ke-tiganya memang sengaja dinaturalisasi untuk tampil di Piala Asia 2023. Satu di antara pemain tersebut bahkan sudah mendapatkan debutnya dengan Timnas Indonesia. Adalah Jordi Amat, bek tengah Johor Darul Takzim itu sudah bermain di 2022 dan juga FIFA Matchday pada bulan Maret kemarin.

Sementara itu, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama tinggal menunggu waktu untuk merasakan debutnya dengan skuad Garuda Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments