Timnas Indonesia

Soal Shayne Pattynama, Menpora Masih Berjuang Agar Sang Pemain Bisa Turun di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Meski tak ada nama Shayne Pattynama dalam daftar 28 pemain yang mengikuti TC jelang 2022, namun Zainudin Amali mengaku masih kejar target agar sang pemain bisa turun di ajang dua tahunan tersebut.

Diketahui, PSSI dipastikan menaturalisasi tiga pemain untuk Timnas senior. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Sejauh ini, baru dua pemain yang sudah resmi menjadi WNI. Mereka adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Bahkan, kedua pemain yang berkarir di luar negeri ini sudah mendapatkan KTP, pasport, hingga disetujui oleh FIFA untuk melakukan pindah federasi. Jadi, keduanya sudah bisa diturunkan oleh Shin Tae-yong dalam even apapun yang diikuti oleh .

Namun berbeda halnya dengan Shayne Pattynama. Saat ini, proses naturalisasi Pattynama masih berjalan. Namun ia tidak bisa menyertai dua rekannya tersebut karena berkas yang dikirimkan Pattynama tidak secepat seperti Jordi dan Sandy. Maka mau tak mau ia harus bersabar dan menunggu waktunya.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Namun ternyata, meski proses naturalisasi Pattynama belum dipastikan kapan selesainya, namun Menpora menyebut pihaknya masih berjuang agar sang pemain tetap bisa diturunkan di ajang dua tahunan itu. Betul jika terdapat 28 pemain yang diikutsertakan dalam TC Timnas Indonesia di Bali. Namun nama-nama tersebut bukanlah nama final yang wajib diserahkan ke pihak penyelenggara. Jadi, jika Pattynama sudah selesai dinaturalisasi sebelum Piala AFF 2022, maka bek sayap Viking FK itu sudah bisa menyertai rekan-rekannya untuk tampil pertama kalinya untuk Timnas Indonesia.

Amali sangat berharap agar pemain yang meniti karir di itu bisa tampil di Piala AFF nanti.

“Sudah selesai dia, mungkin tinggal nunggu kelengkapan yang ada di istana,” jelas Menpora RI Zainudin Amali.

“Kita berharapnya begitu (tampil di Piala AFF) seperti Jordi dan Sandy,” tambah orang nomor satu di Kementrian Pemuda dan Olahraga itu.

Jika peluang (Pattynama bisa bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022) itu benar-benar terwujud, maka tidak ada alasan lagi bagi Shin Tae-yong untuk tidak memberikan gelar bagi Timnas Indonesia. Sebab bisa dibilang Indonesia memiliki komposisi skuad yang cukup mewah dengan kehadirannya nanti.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Di posisi bek tengah, Timnas Indonesia punya alumnus pemain La Liga seperti Jordi Amat. Ia akan diduetkan dengan bek muda dari Elkan Baggott. STY juga memiliki opsi untuk memainkan Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, atau bek muda yang tengah naik daun Muhammad Ferrari.

Di posisi bek sayap kiri maupun kanan, STY juga punya empat pemain abroad yakni Sandy Walsh dan Asnawi Mangkualam Bahar untuk bek kanan. Serta Shayne Pattynama dan Pratama Arhan di posisi bek kiri.

Di lini tengah, Timnas Indonesia dihuni oleh Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya, hingga Rachmat Irianto. Nama-nama tersebut merupakan tulang punggung Timnas Indonesia di kemarin.

Serta di lini depan, tiga sayap abroad Timnas Indonesia siap menjadi pendobrak para lawan-lawannya. Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman siap menyokong siapapun striker yang nantinya dipasang oleh Shin Tae-yong.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments