Piala AFF

Thailand & Vietnam Takluk di Babak Semifinal, Netizen : Karma Itu Nyata!

TOPIK BERITA :


Thailand & Vietnam Takluk di Babak Semifinal, Netizen : Karma Itu Nyata!
Thailand Vs Laos

NOBARTV NEWS – Kata “karma” menjadi trending topik di jagat media sosial twitter usai Thailand dan Vietnam kalah di babak semifinal U-19. Netizen Indonesia menertawakan sambil menyebut kekalahan keduanya sebagai karma karena keduanya tidak bermain fair play di laga sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, Timnas Vietnam dan Thailand berhasil lolos dari grup A Piala AFF U-19 dengan status juara dan runner-up grup. Keduanya menyingkirkan empat tim lainnya yakni , Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina. Sejatinya, Indonesia bisa lolos ke babak semifinal andaikata peringkingan menggunakan agresivitas gol. Hanya saja, karena AFF menggunakan sistem head to head, Indonesia pun tersingkir dari perebutan juara di Piala AFF U-19 tahun ini.

Kekesalan suporter Timnas Indonesia bukan karena sistem head to head itu, tetapi cara Thailand dan Vietnam yang terkesan bermain curang di laga terakhirnya. Sebab dalam laga tersebut, Thailand dan Vietnam secara sadar dan sengaja bermain aman demi meloloskan dirinya ke babak semifinal. Keduanya tidak bermain fair play dalam laga yang berakhir imbang 1 – 1 itu.

Skor imbang 1 – 1 membuat Indonesia yang segrup dengan mereka harus angkat kaki. Kalah head to head, Indonesia hanya jadi penonton di rumah sendiri.

Adapun FIFA, telah menetapkan 10 poin fair play di dalam peraturannya. Salah satu poin tersebut berbunyi “Bermain untuk menang tapi menerima kekalahan dengan martabat.”

Poin tersebut lah yang menjadi dasar kekesalan Timnas Indonesia. Kedua tim tidak menginginkan kemenangan setelah hasil imbang tersebut.

Sehingga, ketika keduanya mencapai babak semifinal, banyak netizen Indonesia mencemoohnya sembari berharap agar keduanya kalah. Dan benar, tanpa diduga sebelumnya, Laos yang notabenenya tidak pernah diduga akan tampil ganas di Piala AFF U-19 ini justru tampil gila dengan mengandaskan Thailand 2 – 0.

Timnas Vietnam lebih menderita lagi. Skuad asuhan Dinh The Nam itu dipecundangi Timnas Malaysia 3 gol tanpa balas.

Doa netizen Indonesia terkabulkan. Akan tetapi, netizen tidak sekadar membuat postingan, tweet, atau sejenisnya terkait kekalahan tersebut. Mereka juga menyerbu akun resmi federasi sepak bola kedua negara. Di akun media sosial instagram Timnas Thailand, netizen Indonesia menulis kata ‘karma' berulang kali.

“Benar-benar sahabat sejati dua-duanya pulang kampung,” tulis salah seorang netizen.

“Karma is real!!!” tulis netizen lainnya.

Dengan hasil tersebut, Timnas Vietnam dan Thailand akan kembali bertemu di perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2022 pada esok, Jumat 15 Juli 2022.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid