Intermezzo

Shin Tae-yong Bikin Pelatih Malaysia asal Korea Selatan Bangga, Apa Katanya?



NOBARTV NEWS – Secara terang-terangan, pelatih Timnas Malaysia Kim Pan-gon mengaku bangga dengan kinerja Shin Tae-yong bersama .

Baru-baru ini, dalam sebuah wawancara dengan FIFA, pelatih Malaysia Kim Pan-gon mengungkapkan rasa bangganya kepada dua nahkoda asal Korea Selatan yakni Shin Tae-yong dan Park Hang-seo. Diketahui, Shin Tae-yong merupakan pelatih Timnas Indonesia sedangkan Park adalah mantan pelatih Timnas Vietnam.

Ya, dari ketiga pelatih asal Korea Selatan itu, Kim menjadi nama yang paling baru dikenal oleh publik sepak bola Asia Tenggara. Sedangkan Park, ia adalah nama lama dan sudah mengukir beberapa prestasi bersama skuad The Golden Star Warriors. Park membersamai Vietnam sejak 29 September 2017 hingga berakhirnya even 2022 tahun lalu. Di tahun pertamanya bersama Vietnam, Park berhasil membawa pulang gelar juara Piala AFF 2018. Juara tersebut merupakan yang pertama kali didapatkan setelah terakhir kali diraih Vietnam pada tahun 2008 lalu.

Di luar itu, pria berkacamata tersebut juga sukses membawa Timnas Vietnam melaju hingga perempatfinal Piala Asia 2019 dan menembus fase grup akhir 2022. Park kemudian mengakhiri jabatannya sebagai pelatih Vietnam dengan menempatkan negara tersebut di posisi 96 dunia atau peringkat terbaik di antara negara Asia Tenggara lainnya.

Shin Tae-yong Bikin Pelatih Malaysia asal Korea Selatan Bangga, Apa Katanya?
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Tidak cuma Park, pelatih yang kemudian menyusulnya ke Asia Tenggara yakni Shin Tae-yong juga membuat banyak perubahan bagi Timnas Indonesia. Meski belum memberikan gelar juara bagi negara gila bola ini, namun Shin sukses mencatatkan beberapa prestasi bersama skuad Garuda.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia setelah terakhir kali tampil di tahun 2007 dengan status tuan rumah. Bukan cuma itu saja, STY juga membawa skuad U-23 tampil untuk pertama kalinya di ajang 2024. Selain itu, pria yang akrab disapa Coach Shin ini tercatat membawa Timnas Indonesia U-20 berlaga di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Dari sederet even tersebut, Shin memang belum mampu membawa pulang gelar juara, namun lewat tangannya lah Indonesia bisa tampil di ajang-ajang tersebut.

Dengan sederet prestasi yang sudah diukir oleh Park dan Shin, wajar saja jika Kim Pan-gon sebagai pelatih baru di Asia Tenggara merasa bangga dengan keduanya.

“Terlihat bahwa para pelatih Korea kini sangat terkenal di Asia Tenggara dan diakui keahlian kepelatihannya, serta kemampuannya dalam mencapai hasil,” kata Kim Pan-gon kepada FIFA.

“Saya sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan pelatih Park Hang-seo bersama timnas Vietnam. Serta prestasi Shin Tae-yong saat memimpin timnas Indonesia,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid