Timnas Indonesia

Cuma Butuh 1 Kemenangan Lagi, Indonesia Dipastikan Lolos ke Piala Asia 2027



NOBARTV.CO.ID Satu kemenangan untuk lolos ke Piala Asia, Skuad Garuda akhirnya mengakhiri 2026 pada bulan Maret ini dengan selalu mencetak kemenangan. Dan bila mereka menang satu kali lagi, maka skuad Garuda dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2027.

telah memainkan empat dari enam pertandingan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dari empat pertandingan tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu sukses mendapatkan tujuh poin.

Ya, dari empat laga yang sudah digelar, Timnas Indonesia hanya menelan kelalahan sebanyak satu kali atas Timnas Irak. Saat itu, Marc Klok dkk tak berdaya ketika bertandang ke markas Irak. Alhasil, dalam laga yang digelar di Basra Internasional Stadium itu, skuad Garuda dibantai dengan skor akhir 5-1.

Beruntungnya, di pertandingan kedua melawan Filipina, skuad Garuda mulai menunjukkan perubahan positif. Di laga itu, Jordi Amat cs menahan imbang Filipina 1-1 di Rizal Memorial Stadium. Dan yang paling baru, dalam dua laga masing-masing pada matchday ketiga dan keempat melawan Vietnam, Timnas Indonesia berhasil menyapu dua laga tersebut dengan kemenangan. Kemenangan pertama diraih pada 21 Maret lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dengan skor akhir 1-0. Adapun kemenangan kedua atas Vietnam dicatatkan pada malam hari tadi (26/03) di My Dinh Internasional Stadium dengan skor telak 0-3.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

Cuma Butuh 1 Kemenangan Lagi, Indonesia Dipastikan Lolos ke Piala Asia 2027
Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman (sumber: IG @rikzyridhoramadhani)

Oleh karena itu, skuad Garuda sampai saat ini masih bertengger di peringkat kedua klasemen sementara grup F dengan torehan tujuh poin. Dengan demikian, Timnas Indonesia akan lebih terbuka lebar untuk lolos ke babak (ronde) ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Hal itu dikarenakan Vietnam – yang baru saja menelan kelalahan masih berada di posisi ketiga dan baru mendapat tiga poin saja.

Bahkan, tidak cuma berpeluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 saja, namun Timnas Indonesia berpeluang lolos ke putaran final Piala Asia yang digelar pada tahun 2027 mendatang. Ya, dengan satu kemenangan lagi melawan Filipina atau Irak, maka Timnas Indonesia dipastikan mengunci posisinya sebagai runner-up grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Sesuai aturan yang berlaku, juara dan runner-up grup di Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde (putaran) kedua secara otomatis lolos ke Piala Asia 2027. Sementara untuk peringkat ketiga dan keempat, mereka harus melalui babak ketiga kualifikasi untuk bisa tampil di ajang tersebut (Piala Asia 2027).

Maka dari pada itu, dalam dua pertandingan melawan Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni), Timnas Indonesia setidaknya harus mencuri tiga poin untuk memastikan hal itu (lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia dan Piala Asia 2027).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *